Ratusan Warga Pakel Terima Tali Asih Senilai 3 Juta

Warga Pakel saat antre menerima Tali Asih. Foto :Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi
Warga Pakel saat antre menerima Tali Asih. Foto :Fitri Anggiawati/ VIVA Banyuwangi

Kolomdesa.com, Banyuwangi – Ratusan warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi sangat antusias berkumpul di kantor desa setempat untuk menerima tali asih tahap 5 dari PT Perkebunan dan Dagang Bumisari Maju Sukses. Adapun tali asih yang diberikan senilai Rp 3 juta telah dibagikan kepada 608 warga Pakel.

“Senang sekali. Mau saya buat tambahan modal usaha es dawet,” kata salah satu penerima tali asih, Siti Hurairah, Minggu (26/5/2024).

Siti merupakan warga Dusun Krajan yang menerima manfaat tali asih dengan nominal Rp 3 juta setiap orangnya. Termasuk juga suamina Abdul Habib yang juga menerima tali asih dengan nominal yang sama, sehingga sekeluarga tersebut menerima Rp 6 juta.

“Baru pertama kali saya menerima tali asih selama hidup di Pakel ini,” ujar Siti.

Siti menjadi satu di antara sekian warga Pakel yang memanfaatkan tali asih dengan baik untuk pengembangan modal usaha dan peningkatan kesejahteraan. Banyak warga lainnya yang juga melakukan hal yang serupa, di antaranya membeli ternak dan memperbaiki tempat usaha.

Berbeda dengan Holipah, ia menggunakan uang yang diterima untuk modal menanam jagung hingga membayar sekolah anaknya. “Senang sekali, ini uangnya berkah saya pakai buat tanam jagung dan bayar sekolah anak. Saya juga bisa bayar hutang,” kata Holipah.

Sementara itu, Koordinator Keamanan PT Bumisari Kokok Darwanto menuturkan bprogram tali asih merupakan wujud perhatian dan kepedulian perusahaannya terhadap masyarakat Desa Pakel.

“Program tali asih ini untuk seluruh masyarakat Desa Pakel yang dibuktikan dengan KTP,” ujar Kokok.

Kokok menyebut pendataan berbasis KTP bukan Kartu Keluarga, maka seluruh warga desa yang memiliki KTP bisa mendapatkan tali asih tersebut. Keuntungannya, warga dapat menjalin sinergi bersama perusahaan, bahkan dapat melakukan aktivitas pertanian di bawah pohon atau tegakan tanaman komoditi perkebunan.

“Baik warga yang tidak bekerja di perkebunan, maupun yang bekerja di perkebunan, semua bisa mengikuti program tali asih PT Bumisari,” tambahnya.

Diketahui, tali asih merupakan program yang diinisiasi Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono yang sejauh ini telah menyentuh kisaran 750 penerima manfaat yang menyepakati kerja sama dengan PT Bumisari. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena program tali asih direncanakan akan terus berlanjut sehingga peluang menerima tali asih bagi warga yang belum terdaftar masih tersedia.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *