Site icon Kolom Desa

Danau Diateh Panjang Berhasil Masuk 50 Besar ADWI 2024

Salah satu pemandangan di Desa Danau Diateh Panjang. Sumber foto: Tribunpadang.com

Salah satu pemandangan di Desa Danau Diateh Panjang. Sumber foto: Tribunpadang.com

Kolomdesa.com, Solok – Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

Agenda itu merupakan serangkaian event nasional yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan mendorong kualitas wisata lokal.

“Ini sudah dimulai sejak empat tahun yang lalu dan alhamdulillah kali ini kita masuk 50 besar secara nasional,” ungkap Angga, salah satu pengelola Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang, Senin (27/5/2024).

Angga menyampaikan ungkapan bangga atas hasil itu. Dalam proses itu, Ia mengaku tidak mudah tanpa adanya gotong royong, kerja sama dan kepedulian masyarakat.

“Dibangun dengan pendanaan yang secara garis besar mandiri oleh masyarakat membuat hasil hari ini adalah keberhasilan bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Angga menjelaskan jika objek pariwisata yang ia kelola tidak hanya menawarkan destinasi wisata.
Ia juga menyampaikan jika dalam area tersebut pihaknya juga memperdayakan UMKM milik masyarakat sekitar.

“Ini kita lakukan agar masyarakat di sekitar lokasi juga tersampak dari adanya Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang,” tutur Angga.

Ia menambahkan, jika keberhasilan ini merupakan hasil kolaborasi yg dilakukan bersama masyarakat. Ia berharap Wisata Danau Diateh Alahan Panjang
mampu membawa desa tempatnya tinggal menjadi lebih baik dan dikenal secara luas.

“Setidaknya dengan ini semua orang bisa tahu, kalau Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang bisa terkenal sampai ke nasional,”. pungkas Angga.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Exit mobile version