Website Kampung Informasi, Cara Desa Ruar Wujudkan Pelayanan Transparan

Kampung Ruar, Sumber Foto: biakkab.go.id
Kampung Ruar, Sumber Foto: biakkab.go.id

Kolomdesa.com, Biak Numfor – Kampung Ruar, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, dibantu membuat website desa informasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat. Dengan begitu, Kampung Ruar dapat memanfaatkan website tersebut sebagai transparansi anggaran dan pelayanan desa dalam APBK.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Biak Numfor George Kbarek MT. Diakuinya, Kampung Ruar sebagai desa informasi, warganya dapat mengawasi informasi program pembangunan melalui website resmi desa dengan sangat terbuka.

“Pemerintah kampung Ruar dapat melaksanakan kewajiban transparansi kampung dengan memanfaatkan website kampung yang terintegrasi dengan aplikasi sistem informasi desa (SID) sebagai media keterbukaan informasi kampung,” katanya, Minggu (26/5/2024).

George berharap, desa informasi Ruar mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi kampung yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten/Kota. Selain itu, publik dapat mengetahui beragam informasi dari pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung.

Ia menambahkan, setelah ditetapkan menjadi desa informasi Kampung Ruar maka pada 2023 telah mendapat penghargaan dari Ombudsman sebagai desa keterbukaan informasi. Apalagi Pemkab Biak Numfor melalui Dinas Pariwisata, pada 2023 lalu telah menetapkan Kampung Ruar sebagai destinasi wisata mangrove.

“Diskominfo Biak Numfor terus mendorong agar ke depan ada lagi kampung informasi di Kabupaten Biak Numfor,” tandasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *