Kades Manuthoghi Buka Suara Soal Keluhan Ketiadaan Aliran Listrik

Kades Manuthoghi, Dominikus Ndara Malli. Sumber Foto: LensaNusantara
Kades Manuthoghi, Dominikus Ndara Malli. Sumber Foto: LensaNusantara

Kolomdesa.com, SUMBA BARAT DAYA – Kepala Desa Manuthoghi, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur buka suara soal ketiadaan aliran listrik di desa yang dipimpinnya dan infrastruktur penunjang disisi pelayanan publik. Hal itu menurutnya menjadi kendala utama yang dialami warga Desa Manuthoghi, dan pihaknya berharap ada tanggapan dari pihak instansi terkait terkhusus PLN.

“Kemungkinan karena pergantian kepemimpinan itu yang menjadi kendala,” kata Kades Manuthoghi Dominikus Ndara Malli, Minggu (26/5/ 2024).

Dominikus Ndara Malli juga menyampaikan secara administrasi pihaknya sudah menghantarkan proposal pemasangan tiang listrik kepada dinas terkait. Namun hingga saat ini belum disurvei oleh PLN. Sebagai data lampiran yang menunjang adalah terkait fasilitas publik dan kebutuhan masyarakat yang berjumlah 264 Kepala Keluarga (KK) tersebut.

“Pada umumnya memang sangat membutuhkan yang namanya listrik, dibalik itu masyarakat Manuthoghi berada pada perbatasan langsung dengan Desa Waiha yakni Dusun I,” ungkapnya.

Dominikus juga menuturkan, jika Desa Waiha di Dusun I melakukan kerjasama dengan Desa Manuthoghi maka secara garis wilayah seharusnya berada pada perbatasan wilayah dengan Desa Waiha. “Jika ada survei, maka Dusun I Waiha menjadi dasar letak tiang listrik yang harus dialiri listrik, sehingga kami di Desa Manuthoghi menarik juga tiang listrik yang melewati fasilitas publik,” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Daya Rudolf Radu Holo mengarahkan agar Kades Manuthoghi membuat proposal ulang. “Buat gambaran latar belakang proposal tiang listrik maupun gambaran lampiran dokumen yang mendukung dalam proposal tersebut sehingga menjadi dokumen follow up kami di lembaga perwakilan rakyat,” tutup Ketua DPRD itu.

Penulis : Fais
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *