Kades Banbaru Desak Pemkab Sumenep Segera Bangun Pustu

Zainal Abidin Kepala Desa Banbaru, Gili Raja, Sumenep. Foto : sigap88.com
Zainal Abidin Kepala Desa Banbaru, Gili Raja, Sumenep. Foto : sigap88.com

SUMENEP – Kepala Desa Banbaru, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Kepulauan Gili Raja menyampaikan protes kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep untuk segera merealisasikan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di wilayah tersebut. Desakan ini disampaikan mengingat kebutuhan masyarakat Gili Raja akan fasilitas kesehatan yang memadai.

“Saya atas nama kepala desa se-Kepulauan Gili Raja dan tokoh masyarakat memohon dengan hormat kepada Bupati Sumenep untuk segera memberikan rekomendasi secepatnya untuk realisasikan pembangunan Pustu,” kata Kepala Desa Banbaru, Zainal Abidin, Senin (20/05/2024).

Realisasi pelepasan tanah sudah dilakukan sejak tahun 2023, antara pihak Pemkab Sumenep dengan pemilik tanah atas nama Zainal Abidin (Kades Banbaru) dengan luas sekitar 1.300 meter.

Zainal mengungkapkan fasilitas kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sanat krusial bagi warga. Pustu yang ada sampai saat ini jauh dari kelayakan sebagai sarana kesehatan.

“Pustu yang ada tidak layak untuk pasien,” ucapnya.

Menurutnya, dengan kapasitas 4 desa dan 1 anak pulau di Gili Raja sangat memungkinkan ada fasilitas kesehatan yang memadai. Bagi Zainal, Gili Raja terpisah dengan kepulauan Gili Genting dan mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Saya tegaskan kepada yang terhormat Bupati Sumenep, untuk membuktikan tagline “Bismillah Melayani” kepada masyarakat kepulauan Gili Raja dalam hal pelayanan kesehatan, tahun 2024 ini bisa membangun Pustu,” jelasnya.

Zainal berharap pembangunan ini bisa segera dimulai pada tahun ini agar manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat Kepulauan Gili Raja.

“Sehingga, tagline Bismillah Melayani benar benar dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat Gill Raja,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid SDA Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Moh Insan menyampaikan dalam tahun ini pembangunan Pustu Gill genting segera dilaksanakan.

“Pelaksana pembangunan kewenangan PU Bina Marga, kita doakan bersama dapat secepatnya terealisasi agar pelayanan kesehatan di Gili Raja lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumenep, Erik Susanto mengatakan untuk pembangunan Pustu Gili Genting akan diadakan lelang. Dia memastikan tahun 2024 ini akan dilaksanakan pembangunan Pustu Gili Raja.

“Sudah ada di LPSE, dan siapa pemenangnya sebagai pemenang itu yang akan melakukan pekerjaan Pustu Gill Genting. InsyaAllah anggaran kurang lebih dari Rp 1 milyar,” tutupnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *