Terbaik se-Kabupaten Balangan, BUM Desa Usaha Mulia Ikut Penilaian Tingkat Provinsi

Kunjungan tim penilai provinsi ke BUM Desa Usaha Mulia di Desa Balida, Kecamatan Paringin.
Kunjungan tim penilai provinsi ke BUM Desa Usaha Mulia di Desa Balida, Kecamatan Paringin. Sumber foto: HO-MC Balangan

BALANGANBadan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Usaha Mulia di Desa Balida, Kecamatan Paringin, menjadi satu-satunya BUM Desa terbaik di Kabupaten Balangan. Sehingga BUM Desa tersebut berhak mengikuti penilaian BUM Desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2024.

“BUMDes Usaha Mulia saat ini salah satu yang terbaik di Kabupaten Balangan, dengan harapan juga saat mengikuti penilaian tingkap provinsi juga mendapatkan predikat terbaik khususnya di Kalimantan Selatan,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Ekonomi Desa, Dinas PMD Kabupaten Balangan, Hakim, Jum’at (17/05/2024)

Hakim mengatakan penilaian ini nantinya diharapkan BUM Desa Usaha Mulia dapat terpilih
menjadi wakil terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan. Ia juga berterima kasih kepada tim penilai atas terpilihnya BUM Desa Usaha Mulia, Desa Balida ini.

“Terima kasih sudah memilih BUM Desa Usaha Mulia, Desa Balida untuk mewakili Kabupaten Balangan pada penilaian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Agus Fariady mengungkapkan ada sejumlah aspek yang akan menjadi prioritas penilaian pada BUM Desa kali ini.

“Penilaian ini sebagai wadah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan para BUM Desa di Kalimantan Selatan dalam mengelola usahanya dalam meningkatkan ekonomi desa,” ujarnya.

Agus melanjutkan, terutama yang dinilai adalah keberhasilan dari BUM Desa untuk memanfaatkan potensi desa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Serta kelengkapan dokumen administrasi lainnya.

“Terkait penilaian BUM Desa di Desa Balida hasilnya sangat memuaskan, terlihat dari gejolak ekonomi yang ada dengan memanfaatkan potensi wisata seperti wisata budaya, kerajinan dan wisata alamnya,” ungkapnya.

Diketahui, tidak hanya di Kabupaten Balangan, kabupaten lain seperti Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru juga ikut dalam penilaian tingkat provinsi tersebut.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *