Pemdes Jumeneng Siapkan Pasar Rakyat Pakai Tanah Kas Desa

Tanah Kas Desa (TKD) Dusun Mejero dibidik sebagai lokasi strategis untuk mendirikan pasar rakyat. Foto : radarmojokerto.jawapos.com
Tanah Kas Desa (TKD) Dusun Mejero dibidik sebagai lokasi strategis untuk mendirikan pasar rakyat. Foto : radarmojokerto.jawapos.com

MOJOKERTO – Pemerintah Desa Jumeneng, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto kini tengah menyiapkan pembangunan pasar rakyat. Pemdes membidik Tanah Kas Desa (TKD) seluas 2,5 hektare di Dusun Mejero sebagai lokasi yang strategis untuk pembangunan pasar modern serta tempat hiburan keluarga tersebut.

“Kami sudah wacanakan sejak beberapa tahun lalu dan sekarang kami serius untuk bisa mendirikan pasar rakyat,” ujar Kepala Desa Jumemeng, Suharianto, Rabu (15/5/2024).

Suharanto menjelaskan lahan seluas 2,5 hektare nantinya bisa dibangun untuk ruko dan los pasar. Termasuk parkir kendaraan yang akan dibidik di sisi barat jalan. Sedianya bangunan pasar bisa menampung 150 hingga 200 pedagang yang diutamakan bagi warga Desa Jumeneng.

“Rancangannya sudah kami sampaikan ke pemkab. Semoga direalisasikan,” ujarnya.

Tidak hanya tempat jual beli, kata dia, lahan tersebut juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan keluarga. Yakni dengan menyediakan ruang bermain bagi anak yang bisa dimanfaatkan mulai sore hingga malam hari.

“Dengan begitu, maka potensi ekonomi juga bisa lebih tinggi dengan banyaknya kunjungan dari warga desa lain. Kalau sore hari, bisa disediakan tempat bermain dan hiburan. Sehingga warga tidak jauh-jauh bepergian keluar desa atau kecamatan,” pungkasnya.

Disebutkan, dengan keberadaan pasar itu maka geliat ekonomi masyarakat semakin tinggi. Sehingga berdampak pada tingginya nilai transaksi uang lewat jual beli utamanya kebutuhan pokok.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor ; Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *