Masyarakat Adat Siapkan Tarian Jelang Festival Danau Sentani

Dokumentasi Festival Danau Sentani 2023, Sumber Foto: kemenparekraf.go.id
Dokumentasi Festival Danau Sentani 2023, Sumber Foto: kemenparekraf.go.id

JAYAPURA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jayapura akan menggelar Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024. Dengan begitu, pihak Disbudpar meminta masyarakat adat segera menyiapkan tarian yang akan ditampilkan.

“Kami harapkan berbagai tarian dari masing-masing wilayah adat dapat ditampilkan sehingga menghibur pengunjung lokal maupun mancanegara,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay, Ahad (12/5/2024).

Dia mengatakan, waktu pelaksanaan FDS XIV yakni pada 19-23 Juli 2024 di Pantai Khalkote, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Sedangkan terdapat sembilan dewan adat suku (DAS) yang diminta untuk berpartisipasi dalam pagelaran tersebut.

“Kami berharap setiap dewan adat suku bisa menyiapkan tarian terbaiknya supaya ditampilkan di FDS XIV,” harapnya.

Mokay juga menjelaskan, setiap dewan adat suku memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda-beda. Dengan keragaman ini, tentunya akan dapat menarik perhatian pengunjung agar terus datang saat acara budaya seperti ini digelar.

“Pemerintah kampung (desa) bisa membantu penganggaran yang dialokasikan dari dana otonomi khusus maupun dana desa 2024,” ujarnya.

Kadis Dispudpar itu menambahkan, ajang budaya FDS 2024 akan memberikan warna baru dan memberikan kesan bagi para pengunjung. Harapan besarnya selain kesuksesan pada acara ini adalah festival tersebut terus dilaksanakan setiap tahunya.

“Kami berharap penyelenggaraan FDS ke-14 tahun dapat memberikan nuansa yang luar biasa bagi pengunjung sehingga ajang ini akan terus diadakan setiap tahunnya,” tandasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *