Pemdes Sentul Prioritaskan DD untuk Bangun Jalan

Kepala Desa Sentul Misbahul Arifin menunjukkan pembangunan jalan rabat beton baru di desanya. Foto : Dwi Aris/Radar Jombang
Kepala Desa Sentul Misbahul Arifin menunjukkan pembangunan jalan rabat beton baru di desanya. Foto : Dwi Aris/Radar Jombang

JOMBANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang telah memprioritaskan penggunaan Dana Desa (DD) untuk infrastruktur pembangunan jalan lingkungan. Pembangungan ini dilakukan secara swakelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Sentul.

“Selama dua tahun terakhir, kami memprioritaskan pembangunan jalan lingkungan untuk mempermudah akses bagi Masyarakat,” ujar Kepala Desa Sentul, Misbahul Arifin, Selasa (14/5/2024).

Arifin mengatakan akses jalan lingkungan yang sebelumnya berupa jalan tanah dan paving kini ditingkatkan kualitasnya menjadi jalan rabat beton. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

“Tidak seperti desa lain, Desa Sentul tidak memiliki dusun secara administratur. Namun kami memiliki delapan lingkungan atau blok sesuai jumlah Rukun Warga (RW) yang membawahi 3 Rukun Tetangga (RT),” imbuhnya.

Pembangunan jalan lingkungan dilaksanakan secara bertahap di beberapa titik, berdasar pertimbangan dan musyawarah bersama. Akses jalan lingkungan yang memadai menjadi penunjang utama mobilitas warga desa dan masyarakat sekitar, sekaligus membantu akses pertanian menuju area persawahan.

“Pemdes Sentul juga akan melakukan perawatan dan perbaikan jika mendapat laporan kerusakan dari warga, sehingga dengan adan perbaikan jalan dapat mendukung aktivitas warga desa sehari-hari,” pungkasnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *