3 Desa di Gunung Mas Kini Teraliri Listrik

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong didampingi Manajer PLN ULP Kuala Kurun Rizal Bima Bayuaji saat meresmikan listrik PLN di Desa Tumbang.
Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong didampingi Manajer PLN ULP Kuala Kurun Rizal Bima Bayuaji saat meresmikan listrik PLN di Desa Tumbang. Sumber foto : pln.co.id

GUNUNG MAS – Sejumlah 3 (tiga) desa di Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah kini telah teraliri listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Tiga desa itu adalag Desa Tumbang Posu, Desa Tumbang Maraya dan Desa Lawang Kanji.

“Peresmian masuknya layanan listrik dari PLN ke tiga desa tersebut telah dilakukan dan peresmian dipusatkan di Tumbang Maraya,” ujar Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, Senin (13/05/2024).

Jaya mengungkapkan, kehadiran layanan listrik PLN di berbagai desa/kelurahan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ termasuk di Tumbang Posu, Tumbang Maraya, dan Lawang Kanji, telah diupayakan sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“sehingga memerlukan proses dan waktu yang agak lama. Walau demikian akhirnya layanan listrik PLN sudah bisa dirasakan di Tumbang Posu, Tumbang Maraya, dan Lawang Kanji,” ungkapnya.

Jaya mengatakan semua itu tidak lepas berkat sinergi dan kerja sama yang baik. Yakni antara pemerintah hingga tingkat kecamatan, desa, PLN, serta masyarakat di tiga desa tersebut.

“Masyarakat ikut berperan di mana ada yang merelakan pohon milik yang bersangkutan ditebang atau dipangkas, sehingga tiang listrik serta jaringan bisa terpasang. Jadi sekali lagi, terima kasih atas kerja sama kita,” ucap Jaya.

Jaya pun mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan layanan resmi dari PLN apabila ingin melakukan sambung listrik baru. Itu semua demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan dan lainnya.

Sementara itu, dari 12 ibu kota kecamatan yang ada di Gunung Mas, 11 sudah teraliri listrik PLN. Satu ibu kota kecamatan yang belum teraliri listrik PLN adalah Kelurahan Tehang, Kecamatan Manuhing Raya.

“Kabar baik bagi masyarakat di Tehang dan sekitarnya, dalam waktu dekat layanan listrik PLN juga akan segera masuk di sana,” tutup Jaya.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *