Rumah Penampungan Tunjang Produksi Kakao di Kampung Bring

Mama Papaua sedang menjemur biji Kakao, Sumber Foto: Dok.Mongobay
Mama Papaua sedang menjemur biji Kakao, Sumber Foto: Dok.Mongobay

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten Jayapura akan membangun rumah penampungan Kakao di Kampung Bring, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura. Tujuannya untuk mendukung produksi Kakao di wilayah setempat.

Rencana pembangunan ini berdasarkan hasil kesepakatan dalam Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Otsus tahun 2023 yang dilaksanakan di tingkat provinsi.

“Berdasarkan hasil kesepakatan itu, maka saya dan staf datang hari ini ke kampung Bring untuk lihat lokasinya supaya dalam waktu dekat sudah bisa kita kerjakan rumah penampungan Kakao kering,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Theopilus Hendrik Tegai, Jumat (3/5/2024).

Pemerintah Provinsi Papua juga akan mendukung produksi Kakao di Kampung Bring dengan pengadaan Lantai Jemur.

Lebih lanjut, program pembangunan rumah penampungan Kakao ini untuk mendukung produksi di sentra Kakao yang ada di Yahim. Hendrik juga mengatakan jika semua perlengkapannya saat ini sudah ada, tinggal menyiapkan bahan bakunya saja.

“Yang di Yahim mesinnya sudah siap tinggal bahan bakunya saja. kalau sudah ada yang tinggal di dorong ke Yahim dan produksinya bisa langsung berjalan,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *