Bertahun-tahun Jalan Rusak, Warga di Tiga Desa Gorontalo Protes Kades

ilustrasi jalan rusak, sumber foto: Istock
ilustrasi jalan rusak, sumber foto: Istock

GORONTALO – Sejumlah warga di tiga desa di Kabupaten Gorontalo bertahun-tahun terus memprotes Kepala Desa (Kades), lantaran akses jalan desa yang masih sulit dilalui. Jalan yang menghubungkan Desa Tilote, Molohu, dan Suka Makmur itu sampai saat ini tak kunjung mendapatkan perbaikan.

“Kami sudah usulkan, melalui proposal dan secara langsung. Namun tetap tidak ada tindakan oleh pemerintah,” kata salah satu warga setempat, Dahlan, Selasa (7/5/2024).

Menurutnya, jika jalan tersebut didanai oleh dana desa, maka anggarannya tak cukup karena Panjang dan luas jalan. Kalaupun dipaksakan, kata dia, maka anggaran dana desa bisa habis di jalan tersebut.

“Tidak mungkin didanai dengan dana desa. Kami hanya bisa mengaspirasikan,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Sun Biki mengatakan, menurutnya soal soal revitalisasi dan perbaikan semestinya jalan tersebut menjadi prioritas. Karena jalan tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat serta dapat meningkatkan perekonomiannya.

“Aspek utama mengapa jalan itu menjadi prioritas perbaikan. Diantaranya akses jalan utama dan peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Ia mengaku, kondisi jalan yang rusak dapat menghambat perekonomian di tiga desa tersebut. Selain itu, kondisi jalan yang rusak ini, kata dia, dapat menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jalan.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *