Kampung Yanbra Bakal Jadi Sentra Penghasil Kopi

Ilustrasi Produksi Kopi, Sumber Foto: Istock
Ilustrasi Produksi Kopi, Sumber Foto: Istock

JAYAPURA – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura akan membangun rumah produksi kopi di Kampung Yanbra, Distrik Kemtuk Gresi. Hal tersebut merupakan upaya dalam menjaga produksi kopi yang telah banyak diminati masyarakat.

Pada tahun 2023 lalu, pemerintah setempat membantu mesin penggilingan Kopi untuk kampung Yanbra. Selain untuk memudahkan produksi, juga agar citra rasa yang dihasilkan tetap terjaga.

“Tahun lalu kita sudah bantu mesin dan tahun ini kita akan upayakan untuk membangun rumah produksinya,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegai, Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, kopi yang dihasilkan dari Kampung Yanbra ini sangat diminati oleh para pecinta kopi. Para peminatnya bukan hanya dari Kabupaten Jayapura, tetapi juga masyarakat Papua pada umumnya.

Disinggung mengenai pasar, Theo mengemukakan bahwa untuk pasar sudah tidak ada masalah. Ia mengatakan jika saat ini yang terpenting adalah bahan baku kopinya saja.

“Yang terpenting adalah kesediaan bahan bakunya saja. Untuk pasar tidak perlu dipertanyakan lagi karena kopi dari Yanbra ini sangat diminati,” tandasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *