Optimalkan Kopi Lokal, Pemprov Sumsel Optimis Mendunia

Pj Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait rencana launching 'Kopi Sumsel' bersama KADIN. Sumber foto: www.rri.co.id
Pj Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait rencana launching 'Kopi Sumsel' bersama KADIN. Sumber foto: www.rri.co.id

PALEMBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumsel untuk segera meluncurkan merek ‘Kopi Sumsel’ agar lebih dikenal luas bahkan mendunia.

Kopi buatan warga lokal itu juga diyakini mampu menambah kantong ekonomi warga setempat, khususnya di pedesaan.

“Kolaborasi ini untuk segera mengoptimalkan potensi kopi di Sumsel dengan meluncurkan merek ‘Kopi Sumsel’ pada 11 Mei 2024, ucap Fatoni di Palembang, Jumat (4/5/2024).

Fatoni menjelaskan, peluncuran ‘Kopi Sumsel’ bertujuan untuk memperkenalkan potensi kopi agar lebih dikenal luas bahkan mendunia. Lantaran Sumsel merupakan penghasil kopi berbagai jenis.

“Kebanyakan orang justru mengenal kopi Lampung atau kopi Aceh, padahal Sumsel merupakan penghasil kopi terbesar tidak hanya di wilayah Sumbagsel saja bahkan di Indonesia,” terangnya.

Ia menambahkan, Peluncuran ‘Kopi Sumsel’ akan ikut sertakan dalam HUT Provinsi Sumsel ke-78. Dimana regulasi untuk penetapan ‘Kopi Sumsel’ melalui Peraturan Daerah yang nantinya akan dipersiapkan oleh Dinas Perkebunan Sumsel.

“Agar seragam penyebutan produk kopi kita harus disebut ‘Kopi Sumsel’ walaupun bisa saja dari Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan Empat Lawang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Sumsel Affandi Udji menyampaikan lokasi peluncuran ‘Kopi Sumsel’ akan bertempat di halaman Kantor Kadin Sumsel yang berlokasi di tepian sungai Sekanak Lambidaro Palembang.

“Dalam peluncuran ‘Kopi Sumsel’ akan diisi talk show dengan mengundang pak Gubernur sebagai keynote speaker, turut mengundang Ketua Umum Kadin Indonesia serta praktisi kopi. Hal ini tidak lain agar ‘Kopi Sumsel’ mendunia,” tambahnya.

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *