Site icon Kolom Desa

Kader Posyandu Desa Manduin Dioptimalkan Guna Tekan Stunting

Para kader posyandu Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong mengikuti pembinaan dan pendampingan dalam rangka pencegahan stunting.

Para kader posyandu Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong mengikuti pembinaan dan pendampingan dalam rangka pencegahan stunting. Sumber foto : tabolang.kab.go.id

TABOLANG – PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja PT Saptaindra Sejati, PT Buma dan PT PPA mengoptimalkan kader posyandu Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong. Hal tersebut dilakukan guna menekan stunting di wilayah ring satu operasional perusahaan tersebut.

“Kader posyandu sebagai ujung tombak diharapkan lebih optimal melakukan pemantauan dan pendampingan,” ungkap Fiteriyadi selaku Perwakilan program CSR PT Adaro, Kamis (2/05/2024)

Fiteriyadi mengatakan keberhasilan program pencegahan stunting itu karena pendampingan yang optimal dari para kader posyandu di desa. Ia menambahkan, Adaro Grup bersama mitra kerja dan Pemkab Tabalong mengadakan kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas kader posyandu di desa tersebut.

“Kegiatan itu dengan menggandeng Pusat Kajian dan Pengembangan Partisipasi Medha Parahita Indonesia selaku fasilitator,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, termasuk memberikan wawasan bagi kader posyandu terkait cara pencegahan stunting, pola asuh anak hingga upaya penanganan anak yang mengalami gagal tumbuh kembang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tabalong, Catur Yudha.

Sementara itu, Camat Muara Harus Rudi Noor Erwan mengatakan kader posyandu Desa Manduin menjadi posyandu terbaik tingkat Kabupaten Tabalong pada 2024. Hal tersebut karena faktor pembinaan serta pendampingan yang dilakukan Adaro grup melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri bersama mitra kerja.

”Kami sangat mengapresiasi dukungan dan kolaborasi nyata Adaro Grup dalam pembinaan kader posyandu Desa Manduin hingga bisa meraih predikat terbaik tingkat Kabupaten Tabalong,” tutup Rudi.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Exit mobile version