Podenura Dicanangkan Sebagai Desa Cinta Statistik

Pencanangan Desa Podenura di Nagekeo, NTT sebagai Desa Cinta Statistik. Sumber foto : AntaraNTT
Pencanangan Desa Podenura di Nagekeo, NTT sebagai Desa Cinta Statistik. Sumber foto : AntaraNTT

NAGEKEO – Desa Podenura di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur desa tentang statistik. Sebagai ujung tombak pembangunan, kebijakan pemerintah desa akan efektif apabila data yang dihasilkan tepat, benar, dan berkualitas.

“Dengan adanya Desa Cantik yang dicanangkan oleh Badan Pusat Statistik bisa meningkatkan kesadaran dan peran aktif pemerintah desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PMDP3A) Kabupaten Nagekeo Sales Ujang Dekresano, Minggu, (28/4/2024).

Ia mengatakan, dengan banyaknya data yang ada di masyarakat, aparat desa akan dilatih agar bisa mengolah data tersebut dengan baik. “Pemahaman yang baik dari aparat desa itu pula akan menjaga kualitas data statistik yang ada,” katanya.

Menurut dia, dengan data yang akurat proses perencanaan dan penganggaran di desa bisa tepat sasaran. Untuk mewujudkan desa yang paham dengan statistik, desa pun membutuhkan pembinaan atau pendampingan untuk mengumpulkan dan menyajikan data statistik desa.

Sementara itu, Sekretaris Desa Podenura Selvianus Waka mengatakan pihak desa berkomitmen untuk memaksimalkan perangkat desa dan para pelaku program untuk mengumpulkan data dan kemudian menyajikannya menjadi data statistik.

Menurutnya, Desa Podenura berkomitmen untuk memperbaharui data statistik desa yang lengkap dan juga dapat dipertanggungjawabkan.

“Kelak desa mampu menyajikan data yang akurat untuk menjadi dasar penentuan kebijakan pembangunan desa,” kata Selvianus.

Kepala BPS Nagekeo Angela Regina Maria Wea dalam keterangan resmi berharap keterlibatan semua pihak untuk menyukseskan program tersebut. BPS pun melakukan proses pembinaan dan pendampingan meliputi pengelolaan manajemen data serta proses penyelenggaraan statistik.

BPS Kabupaten Nagekeo berharap pemerintah desa mampu meningkatkan kualitas data sektoral secara mandiri lewat program itu.

Penulis : Fais

Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *