Kolom Desa

Pacu Adrenalin Lewat Permainan Susur Sungai di Desa Wisata Karangbayat

Kebahagiaan wisatawan saat menikmati arum jeram di Desa Wisata Karangbayat. Sumber foto: Akun Instagram Dewakar Official @dewakar_official.

JEMBER – Desa Karangbayat yang terletak di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur memiliki wisata alam yang dapat memacu adrenalin bagi setiap pengunjungnya. Desa ini berada di ujung barat Kabupaten Jember. 

Budaya pedesaan yang ada di Desa Karangbayat diperkuat dengan kondisi alam yang masih asri menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing untuk datang menikmatinya. Tak jarang, banyak wisatawan dari luar Kabupaten Jember berbondong-bondong datang ke desa ini.

Berada di wilayah aliran sungai besar kaki gunung Argopuro,menjadikan Desa Karangbayat memiliki aliran air sungai yang sangat jernih. “Aliran air sungai di desa ini langsung dari gunung Argopuro. Jadi airnya jernih dan dingin,” kata salah seorang warga asli Desa Karangbayat saat ditemui langsung, Rifki, Kamis, (11/4/2024).

Potensi alam yang baik menjadi ladang yang bisa dimanfaatkan oleh pemuda Karang Taruna setempat. Salah satu pemanfaatan yang dilakukan dengan membuka destinasi wisata Karangbayat Adventure Tubing (Karbture Tubing).

“Kami karang taruna Desa Karangbayat, ingin mengembangkan potensi alam yang ada di desa ini. Salah satunya dengan membuka destinasi wisata Karbture Tubing ini,” kata Ketua Karang Taruna Desa karang Bayat, Sulton.

Pacu Adrenalin Lewat Permainan Susur Sungai di Desa Wisata Karangbayat
Keseruan menikmati dinginya air sungai sembari bermain arum jeram di Desa Wisata Karangbayat. Sumber foto: akun instagram Dewakar Official @dewakar_official.

Wisata Karbture Tubing

Wisata Karbture Tubing merupakan ragam wisata alam yang dapat menjadi pilihan ketika singgah di Desa Karangbayat. Karbture Tubing menyuguhkan permainan susur sungai yang memacu adrenalin sambil menikmati indahnya sungai yang dihiasi tebing-tebing dan bebatuan yang memanjakan mata serta menikmati jernihnya aliran air.

Dalam permainan ini, pengunjung melakukan start dengan menaiki ban yang sudah disediakan sambil menikmati keasrian sungai di Desa Karangbayat. pengunjung juga ditemani beberapa guide yang merupakan pemuda karang taruna untuk memastikan keselamatannya sampai ke garis finis selama melakukan susur sungai.

Dalam perjalanan susur sungai, wisatawan juga mendapatkan foto gratis yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata untuk bisa diabadikan. Tak hanya itu, pengelola juga memberikan oleh-oleh berupa kerajinan tangan masyarakat Desa Karangbayat.

Songai Rajeh sebutan warga Desa Karangbayat sendiri yang memiliki arti sungai besar adalah sungai yang dipakai untuk melakukan Tubing. Sungai ini merupakan salah satu sungai dari kaki gunung Argopuro.

Kemah di Rest Area Tubing sembari menikmati suasana dinginya malam di Desa Wisata Karangbayat. Sumber foto: akun instagram Dewakar Official @dewakar_official

Rest Area Tubing

Wisatawan yang telah selesai melakukan susur sungai, tidak perlu terburu-buru pulang dan istirahat di rumah. Karena lokasi Karbture Tubing juga menyediakan Rest Area Tubing untuk menghilangkan penat saat selesai Tubing.

Di Rest Area Tubing, wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati seduhan secangkir kopi asli Desa Karangbayat yang dijual oleh UMKM setempat. Sambil menyeduh kopi, wisatawan juga bisa bermain ayunan dengan menikmati alam pedesaan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Wisata Karbture Tubing

Wisata Karbture Tubing untuk jam operasionalnya sendiri dibuka setiap hari mulai jam 08:00 WIB sampai jam 15:00 WIB. Untuk wisatawan yang berkunjung lebih dari jam tersebut, dapat meminta izin kepada pihak pengelola wisata.

Wisatawan juga dapat bermalam di Rest Area Karbture Tubing. Di sana wisatawan juga bisa menyewa alat-alat camping yang sudah disediakan oleh pengelola wisata.

Untuk harga masuk ke Desa Wisata Karbture Tubing sendiri relatif murah, yakni di harga Rp. 5 ribu saja. Untuk melakukan permainan Tubing atau susur sungai, wisatawan dikenakan tarif Rp. 50 ribu per orang yang menempuh perjalanan 1 jam.

Manfaatkan SDM Lokal

Wisata Karbture Tubing dikelola oleh sekelompok karang taruna Desa Karangbayat. Seluruh anggotanya merupakan penduduk asli Karangbayat.

Meskipun para anggota Karang Taruna tidak muda lagi dan banyak yang sudah berkeluarga, namun para pemuda di desa ini tetap telaten dalam membangun wisata Karbture Tubing di sela-sela kesibukannya mencari nafkah untuk keluarganya.

BUM Desa Karangbayat turut terlibat dalam pengelolaan wisata Karbature Tubing. Salah satu bentuk keterlibatannya yaitu dengan memfasilitasi alat-alat tubing seperti ban, pelampung, helm dan lain-lainnya.

Pada tahun 2023 lalu, wisata Karbture Tubing juga mendapat apresiasi dari Dinas Pariwisata Jawa Timur (Dispar). Dalam kesempatan itu, Dispar Jawa Timur turut memberi bantuan berupa alat-alat tubing.

Rute Menuju Wisata Karbture Tubing 

Wisata Karbture Tubing lokasinya berada di ujung barat Kabupten Jember. Jika dari alun-alun kota Jember, wisatawan bisa menempuhnya menggunakan mobil atau sepeda motor dengan jarak tempuh perkiraan 1 jam.

Wisata Karbture Tubing berada di Kecamatan Sumberbaru lebih tepatnya di Desa Karangbayat. Untuk menuju wisata Karbtur Tubing, wisatawan yang sudah tiba di Desa Karangbayat cukup berjalan kaki saja menuju start Tubing karena lokasinya tidak jauh dari kantor Desa Karangbayat.

Omset Wisata Karbture Tubing

Wisata Karbture Tubing setiap tahunnya mendapat omset yang tidak terlalu banyak, karena wisata ini masih terbilang baru atau masih merintis. Di tahun 2022, Karbture Tubing mendapatkan pemasukan sebesar Rp. 4 juta.

Di tahun berikutnya, omset Karbture Tubing mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Pengelola mencatat jumlah omset di tahun 2023 mencapai angka Rp. 8,5 juta.

Pada tahun 2024 omset Karbture Tubing mengalami penurunan di angka Rp. 5 juta karena disebabkan debit air sungai yang menurun akibat musim kemarau. Sehingga pengelola banyak menolak wisatawan yang datang ingin bermain karena jalur sungai yang digunakan tidak memungkinkan untuk bermain Tubing. 

Penulis: Hafidus Syamsi

Exit mobile version