Dialog Antar Umat Beragama, Cara Pemdes Jaga Kerukunan Warga

Dialog antar umat beragama yang digelar oleh Pemerintah Desa Lalubi, Sumber Foto: Dok. Halmaheraraya
Dialog antar umat beragama yang digelar oleh Pemerintah Desa Lalubi, Sumber Foto: Dok. Halmaheraraya

HALSEL – Pemerintah Desa (Pemdes) Lalubi, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan dialog antar umat beragama. Kegiatan tersebut bertujuan mempercepat pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kecamatan tersebut.

“Pembentukan FKUB tujuannya untuk menjaga toleransi kerukunan beragama agar tetap dirawat demi keberagaman di wilayah Kecamatan Gane Timur,” kata Kades Lalubi Kellyon Hulahi, Senin (22/4/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Lalubi dengan tema “Kegiatan Merawat Toleransi dan Kerukunan Hidup Antara Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal”.

Disinggung tentang pentingya kegiatan tersebut, dia mengaku, jika kasus penistaan agama yang terjadi di Kecamatan Gane Timur belum lama ini menjadi pembelajaran kita semua.

“Agar kejadian seperti ini tidak boleh terjadi lagi, mari kita sama-sama merawat kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Gane Timur atau kecamatan yang lain di Kabupaten Halmahera Selatan,”

Kegiatan dialog tersebut dihadiri, Camat Gane Timur Jais Ishak, Kapolsek yang mewakili Kanit Reskim Agung, Danramil yang mewakili Babinsa Serda Jainudin Umasugi, Kades Lalubi Kellyon Hulahi, Kades Maffa Harun Hamid, Kades Kebun Raja Sumarni Ladesa.

Tokoh agama yang hadir di antaranya, Pandeta Mury Kotu M. Theol (GMIH) Jhon Sehertia, Sekertaris FP2D Asrul Lamunu, Toko Adat Muslim, Nasrani, Tokoh Masyarakat dan Pandeta Gembala Sidang.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *