Puluhan Warga Desa Kondoano Alami Keracunan Makanan

keterangan foto: warga alami keracunan masal Desa Kondoano, sumber foto: Istimewa
keterangan foto: warga alami keracunan masal Desa Kondoano, sumber foto: Istimewa

KONAWE SELATAN – Sebanyak 34 warga Desa Kondoano, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara mengalami keracunan masal. Hal tersebut diduga terjadi setelah para warga menyantap hidangan makanan bersama usai kegiatan keagamaan di desa tersebut.

“Dugaan sementara penyebab penyakit diare yang dialami oleh warga diakibatkan oleh makanan dan minuman,” kata Kapolsek Mowila, Ipda Herman Eka, Minggu, (21/4/2024).

Warga yang diduga mengalami keracunan makanan tersebut kemudian dilarikan ke Puskesmas Mowila, untuk mendapatkan perawatan medis. Kegiatan keagamaan tersebut berlokasi di Dusun 4, Desa Kondoano.

“Pada saat acara keagamaan di lokasi persawahan Dusun 4 Desa Kondoano, Kecamatan Mowila pada hari Kamis dan Jumat tanggal 18 dan 19 April 2024,” terangnya.

Ia menjelaskan, menurutnya kronologi insiden keracunan makanan tersebut berawal ketika masyarakat di desa itu melakukan kerja bakti. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, tanggal 17-18 April 2024, dan puncaknya pada Jumat, 19 April 2024.

Setelah melaksanakan kegiatan tersebut, pada malam puncaknya para warga melangsungkan acara keagamaan dan menyantap hidangan di acara tersebut. Setelah makan bersama tersebut, pada Minggu, (21/4/2024), sejumlah warga mengeluhkan sakit diare.

“Dilaksanakan pada tanggal 17, 18, dengan acara puncak pada hari Jumat tanggal 19 April 2024 jam 08.00 Wita,” tutupnya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *