Optimalkan Air Bersih, Desa Pakel Pasang Watermeter di Rumah Warga

Pemasangan watermeter di rumah-rumah warga Sumber Foto : radarbromo.jawapos.com
Pemasangan watermeter di rumah-rumah warga Sumber Foto : radarbromo.jawapos.com

PROBOLINGGO – Desa Pakel, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo kini mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air bersih melalui jaringan pipanisasi dengan membuat watermeter yang dipasang di rumah-rumah warga. Pemanfaatan air bersih ini juga membantu meningkatkan PADes.

”Tahun ini, air bersih dilakukan pengadaan watermeter. Secara bertahap, akan dipasang watermeter di seluruh rumah warga. Tahun kemarin, sudah terealisasi di dusun pusung gede,” kata Kepala Desa Pakel, Basudin Prabowo. Rabu (17/4/2014).

Ia juga menambahkan Desa Pakel yang memiliki 5 dusun (Pakel, Pusung Gede, Dusun Patrang, Jati, Comelang), sudah terpenuhi kebutuhan air bersih. Tiap tahun, Pemdes berupaya pengadaan watermeter tiap dusunnya.

Sebelumnya, kata Basudin, penggunaan air bersih yang tidak terkontrol. Hal itu membuat sempat terjadi kekurangan air bersih.

”Kami usahakan per dusun adakan watermeter itu. Sehingga, ada pemasukan untuk BUMDes Sekar Sari juga. Tahun ini, usulkan di Dusun Pakel dengan jumlah berkisar 70 rumah. Jika memungkinkan, anggarannya mencukupi, pemasangan watermeter juga akan dilakukan di Dusun Patrang,” terangnya.

Tahun lalu pihaknya juga sudah realisasikan pemasangan meteran listrik dan tiga pompa di Dusun Patrang. Meteran listrik dan mesin pompa sangat dibutuhkan, karena air bersih mengambil dari bawah, Sehingga untuk bisa penuhi air bersih warga, menggunakan tiga mesin pompa tersebut.

”Sekarang warga sudah menikmati air bersih dengan lancar. Tinggal pengelolaannya, supaya warga hemat dalam penggunaan air bersih,” terangnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *