Gandeng Kementan, Pemkab Dairi Optimalisasi Lahan Pertanian Warga

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu audensi ke Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Suwandi dan Staf Khusus Kementan Hasil Sembiring. Sumber foto: dairi.wahananews.co
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu audensi ke Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Suwandi dan Staf Khusus Kementan Hasil Sembiring. Sumber foto: dairi.wahananews.co

MEDANPemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi melakukan audiensi dengan Kementerian Pertanian guna mengoptimalisasi lahan ke kantor Kementerian, Jakarta, Rabu (17/4/2024). Hal itu dilakukan agar Pemkab terus mendukung kedaulatan dan ketahanan pangan pada pertanian warga desa.

“Berdasarkan data diketahui luas areal persawahan di Kabupaten Dairi mencapai 5.821 ha dengan tingkat produktivitas 5-6 ton/hektare, dengan indeks pertanaman (IP) 2. Namun pada lima tahun terakhir, 2.962.5 hektare lahan tidak optimal akibat kerusakan jaringan irigasi, akses jalan, dan alat mesin tani yang terbatas,” ucap Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu.

Menurutnya, disektor pertanian harus intensifikasi pada lahan eksisting maupun perluasan areal tanaman, khususnya sub sektor tanaman pangan komoditi padi sawah.

Tidak hanya itu, jika dilakukan optimalisasi 2.962.5 hektare lahan, maka dapat menyumbang produksi gabah sebesar 35.550 ton per tahun.

“Dalam pertemuan ini kami menyampaikan permintaan dukungan berupa rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 80 paket, pembangunan jalan usaha tani sebanyak 90 paket, pemberian benih padi dan saprodi seluas 2.962,5 hektare, pompa air sebanyak 50 unit, dan handtractor sebanyak 90 unit,” ucapnya.

Eddy Berutu juga menjelaskan, pengajuan permohonan dukungan ke Kementerian Pertanian merupakan langkah menanggulangi keterbatasan anggaran dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung lahan persawahan di Dairi.

Anggaran kita terbatas, tidak semua pembangunan di Dairi dapat diatasi melalui APBD kita. Karena itu kita coba lakukan audiensi ke Kementerian, dengan harapan semua pembangunan yang kita butuhkan dapat terpenuhi dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

 

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *