Stabilkan Harga Pangan, Pemkab Agam Gelar Bazar Pangan Murah

Gerakan bazar pangan murah di Pasar Padang Baru Lubuk Basung. Sumber foto: minangkabaunews.com
Gerakan bazar pangan murah di Pasar Padang Baru Lubuk Basung. Sumber foto: minangkabaunews.com

LUBUKBASUNGPemerintah Kabupaten Agam Sumatera Barat berupaya menstabilkan harga bahan pokok dengan menggelar bazar gerakan pangan murah menjelang Idul Fitri.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam Rosva Deswira menyebutkan ada berbagai bahan pokok yang disediakan di bazar gerakan pangan murah diantaranya beras premium 1,5 ton, beras Bulog 500 kilogram, cabai merah 100 kilogram, bawang merah 100 kilogram, minyak goreng kemasan 500 liter, telur ayam ras 200 Kray dan lainnya.

“Harga bahan pokok dijual murah dari harga pasar pasalnya itu sudah subsidi,” tuturnya di Pasar Serikat Garagahan Lubuk Basung, Senin, (1/4/2024).l.

Ia menerangkan, berbagai bahan pokok yang disubsidi, mulai dari beras disubsidi Rp1.000 dengan harga jual Rp 16.000 per kilogram atau Rp160 ribu 10 kilogram, cabai merah disubsidi Rp5.000 perkilogram dengan harga Rp50 ribu perkilogram, bawang merah disubsidi Rp3.000 perkilogram dengan harga Rp31 ribu perkilogram.

Sementara telur ayam disubsidi Rp5.000 perkilogram dengan harga Rp47 ribu per Kray, minyak goreng kemasan disubsidi Rp3.000 dengan harga Rp13 ribu dan Rp ribu per liter sesuai merek.

“Antusias warga sekitar sangat tinggi, kebutuhan yang disediakan habis beberapa jam,” tuturnya.

Ia menambahkan kegiatan bazar ini berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional, Bulog, Tim Pengendali Daerah (TIPD) Agam, dan Tokoh Tani Indonesia serta pelaku usaha di Agam.

Upaya ini guna masyarakat bisa mendapatkan harga bahan pokok yang murah.

“Kegiatan ini atas permintaan para kepala desa dan bazar ini sudah kali ke enam terlaksana,” tuturnya.

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *