Mudahkan Ibadah, Warga Suku Bajo Bersyukur Ada Masjid Taman Surga

foto: masjid suku bajo, sumber foto: Istimewa
foto: masjid suku bajo, sumber foto: Istimewa

BUTON TENGAH – Suku Bajo yang tinggal di Desa Tanailandu, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara bersyukur telah memiliki masjid yang berdiri kokoh di bibir Pantai. Bagi masyarakat Suku Bajo yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, keberadaan masjid bak ka’bah itu merupakan suatu berkah dalam memudahkan kegiatan ibadahnya.

 

Masjid yang menyerupai Ka’bah itu bernama Taman Surga Al-Muqarromah tepatnya terlatak di Dusun Kaudani. Masjid itu merupakan satu-satunya masjid di Kampung Bajo.

 

“Ka’bah, kami pilih karena di Buton Tengah belum ada masjid yang menggunakan model itu, dan kami warga Suku Bajo melakukan shalat berjamaah di sini,” kata Kepala Desa Tanailandu, Rafiudin, Rabu, (27/3/2024).

 

Rafiudin mengungkapkan, masjid tersebut mulai di bangun pada tahun 2021 silam. Akan tetapi pembangunannya sempat terhenti dikarenakan kekurangan dana, kemudian dilanjut lagi dan alhamdulilla bisa rampung di tahun 2024 ini.

 

Selain bangunan yang menyerupai Ka’bah, masjid itu juga memiliki gerbang pintu di tiga sisinya yang berbentuk mirip gigi hiu. Masjid itu juga dilengkapi 16 jendela yang mirip lukisan dinding karena membingkai pemandangan permukiman warga Suku Bajo yang berada di tengah laut.

 

Untuk menuju ke masjid, satu-satunya sarana masyarakat Suku Bajo yaitu sampan dan jembatan kayu. Sebab masjid dan rumah warga setempat terapung di tengah laut.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *