Site icon Kolom Desa

Perpustakaan Distrik Mudahkan Akses Pengetahuan hingga Pelosok Desa

Ilustrasi Buku-buku di Perpustakaan, Sumber Foto: istock

Ilustrasi Buku-buku di Perpustakaan, Sumber Foto: istock

MIMIKA – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika telah menambah tiga bangunan perpustakaan. Tujuannya agar mempermudah masyarakat desa mendapatkan pelayanan jasa perpustakaan.

 

Dengan begitu, diharapkan agar generasi muda di pelosok desa mendapat pengetahuan yang sama, seperti di wilayah lain pada umumnya.

 

“Jadi perpustakaan itu sudah jalan. Namun, untuk Kwamki Lama masih sering tutup buka,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Mimika, Dantje Nere, Selasa (26/03/2024).

 

Ia menjelaskan, ketiga perpustakaan itu berada di Distrik Kwamki Narama, Distrik Wania dan Distrik Mapuru Jaya. Gedung perpustakaan yang berada di Kwamki Narama pihaknya sudah menyerahkan fasilitas tersebut kepada pemerintah distrik.

 

Berkaitan dengan Perawatan, sarana dan prasarana, Dantje mengatakan akan tetap dalam pengawasan pihaknya.

 

“Kami sudah serahkan semua biar Kepala Distrik yang mengelola, tapi kami akan tetap mengawasi,” tambahnya.

 

Dengan keberadaan perpustakaan tersebut, Dantje mengharapkan partisipasi Kadistrik dalam membantu mencerdaskan bangsa. Bukan hanya sekolah, perpustakaan yang sudah dibangun juga harus diperhatikan.

 

“Kami berharap kepada Kepala Distrik di Kwamki Narama untuk melihat apa yang telah kita berikan sebagai tugas tambahannya,” pungkasnya.

 

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version