Masjid Mandiri, Pengembangan Ekonomi Umat dengan Koperasi

Pemko Medan siap bantu BKM Masjid melalui program Masjid Mandiri. Sumber Foto: portal.pemkomedan.go.id
Pemko Medan siap bantu BKM Masjid melalui program Masjid Mandiri. Sumber Foto: portal.pemkomedan.go.id

MEDANPemerintah Kota Medan, Sumatera Utara terus berupaya melakukan pengembagan ekonomi umat salahsatunya melalui program koperasi Masjid Mandiri. Pemkot Medan siap membantu Badan Kenaziran Masjid (BKM) untuk mewujudkan program itu hingga diterima dengan baik oleh masyarakat umum.

 

“Pemkot Medan beri’tikad untuk membangun Masjid Mandiri, kerena program ini sudah dimulai oleh Bapak Walikota Medan Bobby Nasution,” tutur Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman pada acara Safari Ramadan di Masjid Jami’Medan, Selasa (26/3/2024).

 

Lanjut ia, masih banyak BKM yang belum mampu menjalankan program ini di wilayah Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Padahal hadirnya program ini, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi bisa dijadikan sentra aktivitas masyarakat mulai dari kegiatan pendidikan, permberdayaan ekonomi, sosial dan dan politik.

 

Data Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Medan, Sumatera Utara, menyampaikan saat ini jumlah masjid di Kota Medan tecatat sekitar 1.115 masjid dan 800 lebih mushala.

 

“Saya meminta kepada Pemkot Medan untuk terus didampingi dan adanya edukasi agar program Masjid Mandiri bisa terealisasi dengan baik,” kata Aulia.

 

Ia mengatakan, program ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Medan terutama lingkungan sekitar masjid. Selain itu, adanya program Masjid Mandiri tidak hanya sebagai tempat ibadah melainkan juga sebagi pengembangan ekonomi umat.

 

“Kami mendukung masjid juga dijadikan sebagai sentra pengembangan perekonomi ummat. Salah satunya ada koperasi masjid,” katanya.

 

Ia berpesan, kepada para camat dan seluruh jajarannya untuk bekerja lebih baik dan harus peka terhadap kondisi masyarakatnya.

 

Dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman juga menyerahkan bantuan Pemkot Medan di antaranya uang Rp50 juta untuk pembangunan Masjid Jami’, bantuan sosial Rp10 juta dan paker Ramadan.

 

Tidak hanya itu, bantuan yang lain berupa, bantuan budi daya ikan, bibit cabai, satu set perlengkapan tenis meja, rak buku berserta barcode e-book dan santunan 50 anak yatim piatu di Medan Perjuangan.

 

“Masyarakat akan percaya terhadap kinerja pemerintah jika kita mampu bekerja sebaik mungkin dengan memanfaatkan digitalisasi dan hilangkan ego sektoral,” tegasnya.

 

Ungkapan terima kasih disampaikan Ketua BKM Masjid Jami’ Ansori kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution atas sejumlah bantuan yang sudah diberikan kepada pihaknya.

 

“Saya dan jajaran pengurus BKM mengucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota atas bantuan untuk masjid kami. Ini kali pertama masjid kami dipilih sebagi tempat acara Safari Ramadan Pemkot Medan,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *