Warga Desa Tigawasa Dapat Bantuan Paket Budikdamber

BULELENG – Sebanyak 37 KK warga Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng diberikan paket Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Bantuan untuk ketahanan pangan rumah tangga ini diberikan melalui serangkaian HUT ke-420 Kota Singaraja.

 

“Budikdamber ini sebagai bantuan stimulan yang diharapkan dapat berkembang dan menambah pendapatan keluarga,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng, I Gede Putra Aryana, Senin (25/3/2024).

 

Putra Aryana mengatakan bantuan ini sasarannya masyarakat miskin ekstrem. Adapaun paket bantuan tersebut mulai dari sarana, bibit ikan lele dan pakan.

 

“Harapannya dengan bantuan ini mereka bisa mencukupi kebutuhan minimal untuk keluarga mereka. Kalau bisa dikembangkan bisa juga untuk menambah pendapatan keluarga,” ucapnya.

 

Selain memberikan bantuan budikdamber, di Desa Tigawasa juga dilaksanakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Sebanyak 64 KK masyarakat yang terdata sebagai keluarga miskin ekstrem dan stunting diberikan bantuan masing-masing 3 kilogram ikan tuna.

 

“Bantuan pangan ini juga dimaksudkan untuk perbaikan gizi keluarga,” ujarnya.

 

Sementara itu dalam serangkaian HUT Kota Singaraja, DKPP menyiapkan 3 ton lebih bantuan beras yang dibagikan kepada 162 masyarakat dampak pesisir cuaca ekstrem dan juga 187 KK masyarakat ekstrem di beberapa lokasi. Masing-masing KK mendapatkan bantuan 10 kilogram beras.

 

“Seluruh bantuan ini bersumber dari APBD Buleleng. Bantuan yang diberikan kepada korban dampak bencana dan juga masyarakat miskin ekstrem menjadi prioritas, sebagai wujud perhatian pemerintah menjelang hari lahirnya Kota Singaraja,” ucap mantan Camat Busungbiu ini.

 

Ia berharap dengan bantuan ini, masyarakat yang mengalami kesulitan dapat lebih meringankan beban perekonomiannya. Seluruh program yang dilaksanakan juga ditargetkan bisa menjadi lembaga stimulus, organisasi maupun pihak swasta untuk bergerak membantu sesama.

Penulis : Fais
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *