Antisipasi Hoax, KIM Jadi Jendela Informasi Akurat Warga Desa

BONE BOLANGO – Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli menegaskan bahwa tugas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yaitu menjadi jendela informasi bagi masyarakat desa. Hal ini bertujuan untuk mengelola informasi secara tepat dan akurat sehingga masyarakat tidak gampang termakan berita hoax.

 

“Jadi dengan era ini masyarakat mudah terjebak dengan berita-berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya yang mengakibatkan maraknya penyebaran berita hoax. Maka kehadiran KIM sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi apakah itu fakta atau bukan,” terangnya, Sabtu, (23/3/2024).

 

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pelantikan pengeurus KIM di seluruh kecamatan yang ada di daerahnya. Dirinya menekankan agar pengeurus KIM bisa mengelola informasi dengan baik.

 

Menurutnya, sekarang ini telah memasuki era dimana fakta tidak terlalu berpengaruh dalam pandangan masyarakat. Akan tetapi masyarakat condong keberpihakannya ke sebuah informasi.

 

“Kita ingin semua tugas dari anggota KIM bisa berjalan dengan lancer. Jika bisa upayakan ada target kinerja, misalnya sehari bisa mengelola lima informasi untuk disampaikan,” katanya.

 

Dirinya juga menegaskan, bahwasannya KIM juga akan menjadi jendela informasi bagi pemerintah daerah. Olehnya dirinya berpesan, anggota KIM dapat memahami betul fungsi, tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diembannya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *