Site icon Kolom Desa

Gempa Tuban, Gedung Bekas Kantor Desa Roboh

TUBAN – Gedung bekas kantor Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban roboh. Hal itu akibat imbas gempa bumi beruntun yang terjadi di daerah tersebut.

 

“Balai desa itu sudah lama tidak terpakai. Pemdes Dagangan sudah membangun balai desa baru,” kata Kepala Pelaksana BPBD Tuban Sudarmaji, Jum’at (22/3/2024).

 

Menurut Sudarmadji, kondisi bangunan eks Balai Desa Dagangan memang tak layak. Maklum jika eks balai desa itu ambruk diguncang gempa bermagnitude 6.1.

 

“Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dari kerusakan bekas balai desa tersebut,” imbuh mantan Camat Plumpang Kabupaten Tuban ini.

 

Ia mengatakan, BPBD Tuban telah melakukan monitoring di masing-masing Kecamatan dan desa guna mendapatkan informasi dampak gempa. Hampir di 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban merasakan adanya getaran gempa.

 

“Bangunan rumah roboh akibat gempa terjadi di Desa Glagahsari Kecamatan Soko. Dan Tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

 

Sebagai informasi, Gempa Bumi Tuban dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI (Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk ), Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Selain itu, daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Exit mobile version