Wisata Halal Diyakini Sedot Wisatawan hingga Mancanegara

PADANG – Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Asril menyampaikan, wisata halal secara khusus menyasar peningkatan pengunjung dalam negeri. Namun ia optimistis para wisatawan mancanegara juga tertarik terutama Malaysia, karena akses penerbangan Padang-Kuala Lumpur tetap beroperasi salama Ramadan.

 

“Agenda Semarak Ramadan tahun ini sudah kedua kalinya akan dilaksanakan. Semarak Ramadan tidak hanya untuk memperkuat branding melaikan juga bisa berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumbar,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Asril, Rabu (20/3/2024).

 

Asril menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Semarak Ramadhan sebagai upaya mempekuat branding wisata halal. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 22-24 Maret 2024.

 

“Adanya Perda Nomor: 1 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal merupakan keunggulan untuk memperkuat branding wisata halal. Apalagi dengan kegiatan Sumarak Ramadhan ini bisa lebih memperkuat branding wisata halal,” tuturnya.

 

Ia menjelaskan, Masjid Raya Sumbar akan dijadikan tempat pembukaan agenda yang masuk dalam kalender pariwisata Sumbar 2024. Masjid tersebut nantinya dijadikan sebagai icon wsiata halal. Acara kalender wisata 2024 akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama Gebernur Sumbar, Mahyeldi.

 

Ketua Pelaksana Semarak Ramadan, Riki menyampaikan, agenda Sumarak Ramadahan tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Beragam rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat dan anak-anak sebagai salah satu daya tarik.

 

“Beragam rangkaian kegiatan kami siapkan seperti, lomba-lomba bertema agama bagi anak-anak dengan harapan acara semakin tambah ramai,” tuturnya.

 

Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan menarik lainnya seperti pasa pabukoan (pasar takjil), pameran kuliner lokal, bazar produk UMKM dan buku, bazar fashion muslim dan produk kosmetik, pameran eksibisi beragam produk otomotif, travel hingga produk FMCG serta wahana bermaian untuk anak-anak dan produk fashion anak-anak.

 

“Kami ingin menghadirkan mobil penukaran uang di lokasi acara, hal itu masih mengupayakan untuk lobi ke sejumlah bank,” pungkas riki.

 

 

Penulis : Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *