Site icon Kolom Desa

Bogoarum Masuk Nominasi 3 Besar Kampung KB Terbaik

MAGETAN – Desa Bogoarum, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan berhasil meraih posisi prestisius sebagai salah satu dari tiga besar nominasi di tingkat provinsi dalam kompetisi Kampung Keluarga Berencana (KB) terbaik. Desa Bogoarum ini diketahui akan bersaing dengan salah satu desa di Ponorogo dan Malang untuk mewakili Jatim di tingkat nasional.

 

“Bogoarum ini masuk nominasi tiga besar kampung KB tingkat provinsi,’’ kata Pembina Program KSPK Perwakilan BKKBN Jatim Yuni Dwi Tjadikijanto, Selasa (19/3/2024).

 

Sementara itu, Pj Bupati Magetan Hergunadi mengatakan Desa Bogoarum telah mampu bertransformasi dari kampung keluarga berencana menjadi keluarga berkualitas. Hal itu dibuktikan dengan capaian kepesertaan pasangan usia subur (PUS) ber-KB meningkat dari 73,36 persen menjadi 74,06 persen.

 

“Sedangkan, kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi menurun dari angka 5,64 persen menjadi 5,19 persen,’’ katanya.

 

Selain itu, kata Hergunadi, Desa Bogoarum juga tumbuh menjadi desa mandiri dengan Indeks Desa Membangun (IDM) 0,7110 sebagai kategori maju. Ia berharap kinerja positif ini tidak berlangsung hanya saat ada penilaian saja, tetapi mesti dilakukan secara berkelanjutan.

 

“Pada tahun ini ada 47 kampung KB yang akan ditetapkan. Sehingga, kampung KB secara total di Magetan sampai saat ini sudah ada sebanyak 235,’’ tandasnya.

 

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib
Keterangan :

Exit mobile version