16 Kampung di Sorong Belum Nikmati Air Bersih

SORSEL – Kebutuhan air bersih dan listrik hingga kini menjadi persoalan masyarakat Distrik Kokoda Utara, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya. Pasalnya, sebanyak 3.000 penduduk yang tersebar di 16 kampung yang ada di distrik tersebut belum menikmatinya.

 

“Kami sudah berapa kali menyampaikan usulan untuk bisa memperhatikan air bersih dan jaringan listrik untuk wilayah itu,” kata Kepala Distrik Kokoda Utara, Leonardo Tabakore, Minggu, (17/3/2024).

 

Ia mengatakan, berdasarkan hasil survei telah ditemukan sumber air yang jaraknya sekitar 8 KM dari pemukiman warga. Warga meminta pemerintah daerah segera menindaklanjuti perihal kebutuhan mereka itu.

 

“Dengan adanya sumber air itu setiap tahunnya kita memasukkan usulan-usulan agar dapat diperhatikan dan menjadi atensi, namun hingga kini belum ada jawaban,” ujarnya.

 

Leonardo menegaskan, air bersih menjadi salah satu faktor anak bebas dari semua jenis penyakit, salah satunya stunting.

 

“Kasus stunting di Kokoda Utara pada tahun 2022 terdapat 80 kasus dan telah ditangani dengan baik sehingga pada tahun 2023 kasus stunting sudah turun menjadi 40 kasus,” kata Leonardo.

 

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *