Pasutri Renta di Desa Nggembe Viral

Ketengan foto : Viral pasutri renta tinggal di Gubuk tak layak huni. Sumber foto : Istimewa
Ketengan foto : Viral pasutri renta tinggal di Gubuk tak layak huni. Sumber foto : Istimewa

Bima – Pasangan suami dan istri (pasutri) renta di Desa Nggembe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima mendadak viral. Viralnya pasutri M Tahir dan Maemunah usai diketahui tinggal di gubuk yang tak layak huni.

 

“Kami baru tahu persoalan ini. Tidak terbesit dalam pikiran untuk tidak memperhatikan kondisi pasutri ini. Termasuk tidak memberikan bantuan,” ucap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Tajuddin, Selasa (19/3/2024).

 

Seusai viral, Tajuddin melanjutkan, Dinsos juga langsung menerjunkan staf untuk melakukan pendampingan terhadap keduanya. Selain membawa beberapa bantuan, staf Dinsos juga menawarkan keduanya untuk dibawa ke panti jompo.

 

“Staf Dinsos langsung turun mengecek setelah viral kemarin. Membawa bantuan hingga menjemput mereka untuk dibawa ke panti jompo,” ujar Tajuddin.

 

Sesampai di panti jompo, M Tahir justru berontak hingga mengamuk. Dengan mempertimbangkan berbagai hal, keduanya langsung dibawa kembali ke gubuk tempat tinggal mereka di Desa Nggembe.

 

“Mereka tidak mau pindah ke Panti Jompo dan memilih tinggal bersama di gubuk yang mereka bangun itu,” katanya.

 

Tajuddin mengatakan Dinsos akan tetap melakukan pendekatan lain ke depannya. Termasuk juga menyiapkan tempat tinggal yang layak bagi keduanya, namun hal itu perlu dibahas dan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

 

“Kami juga akan memasukkan M Tahir dan Maemunah ini ke dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), agar bisa tercover mendapatkan bantuan seperti BPNT hingga PKH,” jelasnya.

 

Informasi terkini, Kepala Desa Nggembe, Yusuf mengatakan saat ini M Tahir sudah dijemput oleh keluarganya. Bahkan gubuk yang menjadi tempat tinggalnya bersama sang istri Maemunah selama ini sudah dibongkar.

 

“Sudah dibawa pulang oleh keluarga. Gubuknya juga telah dibongkar,” kata Yusuf.

 

Yusuf menjelaskan M Tahir dijemput kembali untuk tinggal di rumah keluarganya yang berada di Dusun Nggeru, Desa Rada. Kalaupun ke depan M Tahir tidak betah tinggal bersama keluarganya, Pemdes Nggembe akan mencarikan tempat tinggal yang layak.

 

“Kami antisipasi. Entah mencarikan lahan kosong untuk sementara waktu hingga membangunkan rumah,” tandasnya.

 

Penulis : Fais

Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *