Site icon Kolom Desa

Sering Dilanda Banjir, Desa Kalibukbuk Diminta Ditata Ulang

Keterangan foto : Banjir besar yang menghantam Desa Kalibukbuk Sumber foto : istimewa

Keterangan foto : Banjir besar yang menghantam Desa Kalibukbuk Sumber foto : istimewa

BULELENG – Banjir besar yang melanda Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tepat pada hari raya Kuningan belum lama ini memantik keprihatinan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana. Ia meminta agar Desa Kalibukbuk ditata ulang mengingat desa tersebut merupakan penyangga kawasan pariwisata Lovina.

 

“Desa Kalibukbuk sebagai salah satu desa penyangga kawasan wisata Lovina harus ditata ulang. Desa ini sering kali terkena banjir besar. Bahkan, hingga tahun 2024 ini sudah tiga kali berturut-turut Desa Kalibukbuk diterjang banjir,” kata Bupati Lihadnyana, Minggu (17/3/2023).

 

Lihadnyana langsung memberikan respon cepat atas bencana banjir yang terjadi. Ia memberi instruksi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk membersihkan saluran air mengingat banjir yang terjadi belum lama ini merupakan kali ketiga yang terjadi.

 

“Solusi jangka pendek bersihkan saluran air yang ada. Termasuk kita persiapkan solusi jangka panjang dengan melibatkan instansi terkait yang memiliki kewenangan untuk penanganan di sungai,” katanya.

 

Lihadnyana datang ke Desa Kalibukbuk untuk menyerahkan bantuan kepada warga Desa Kalibukbuk. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kondisi saluran air di Jalan I Gede Taman, Desa Kalibukbuk.

 

“Hari Senin besok (18 Maret 2024), alat-alat pembersihan harus sudah ada. Alat berat juga untuk membersihkan saluran air. Ini sebagai solusi jangka pendek agar masyarakat tidak terkena banjir lagi,” jelasnya.

 

Diketahui, setidaknya terdapat 60 kepala keluarga yang sempat terendam banjir di Banjar Dinas Kalibukbuk. Sedangkan, Banjar Dinas Celuk Buluh, Desa Kalibukbuk yang berlokasi di pesisir terjadi banjir rob, sebanyak 12 kepala keluarga terdampak banjir rob tersebut.

 

Penulis : Fais

Editor : Habib

Exit mobile version