Atasi Stunting, OKU Selatan Luncurkan Program Dapur Sehat

OKU Selatan luncurkan Program Dapur Sehat guna atasi Stunting. Sumber foto: okuselatan.disway.id
OKU Selatan luncurkan Program Dapur Sehat guna atasi Stunting. Sumber foto: okuselatan.disway.id

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan luncurkan Program Dapur Sehat Stunting (Dashat) yang bertujuan mempercepat penurunan angka penyakit kekerdilan di wilayah itu.

 

Umu Manazilwati Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) OKU selatan mengatakan, program ini diluncurkan guna menurunkan angka stunting hingga mencapai 14 persen pada tahun ini, Rabu (13/3/2024).

 

“Dapur Sehat Atasi Stunting menjadi pusat gizi dan pelayanan pada anak stunting,” ujarnya.

 

Ia menyapaikan, Dahsat merupakan kegiatan permberdayaan masyarakat guna pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisikko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan balita stunting, terutama bagi keluarga yang kurang mampu.

 

Para ahli gizi telah menyusun menu sehat dengan konsep produk lokal. Hal itu dilakukan guna memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat setempat.
Rangkain kegiatan Dahsat meliputi edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

 

Dalam hal ini, nantinya ada sosialisasi bagi masyarakat terkait pangan lokal yang terjangkau, berdita rasa dan bergizi baik serta dipadukan dengan berbagai kegiatan kemitraan.

 

“Melalui upaya-upaya ini ditargetkan angka stunting di Kabupaten Oku Selatan pada tahun 2024 turun menjadi 14 persen sesuai target nasional,” ungkapnya.

 

 

Penulis: Attori Alfi Shahrin
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *