Kampung di Biak Raih Penghargaan Desa Keterbukaan Informasi

Ilustrasi Keterbukaan Informasi, Sumber Foto: Istock
Ilustrasi Keterbukaan Informasi, Sumber Foto: Istock

BIAK – Pemerintah Kampung Ruar, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua meraih penghargaan sebagai Desa Keterbukaan Informasi. Perolehan itu didapat  pada tahun 2023 dari Komisi Informasi Pusat.

 

Penghargaan yang diberikan Wapres Ma’ruf Amin itu, seiring selesainya penilaian pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik terhadap Pemerintah Desa. Sehingga penghargaan tersebut merupakan apresiasi  atas Keterbukaan Informasi Publik Desa 2023.

 

“Pemerintah Kampung Ruar menerapkan keterbukaan informasi layanan Sistem Informasi Desa dalam setiap pengelolaan dana desa yang transparan kepada publik,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika atau Kadis Kominfo Biak Numfor, George Kbarek, Kamis (4/1/2024).

 

Ia menjelaskan, sistem informasi yang diterapkan Pemerintah Kampung Ruar merupakan sistem informasi. Yang cakupanya meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan data hingga jaringan komunikasi.

 

“Serta pemerintah Kampung Ruar juga melaksanakan sistem informasi menyangkut sumber daya manusia, anggaran dan proses pertanggungjawaban yang dikelola pemerintah desa secara terbuka,” katanya.

 

George mengatakan, dengan informasi desa dapat memberikan kemudahan bagi pemerintah kampung dalam mengambil keputusan yang tepat dan akurat. Selain itu juga mempermudah dalam mengelola program pembangunan.

 

“Manfaat lain dari implementasi sistem informasi desa dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.

 

Kadis Komifo itu mengatakan, Kampung Ruar  menonjol dalam implementasi UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Ia berharap pihaknya di tahun depan dapat mengantarkan para pemerintah kampung yang lain agara dapat meraih penghargaan tersebut.

 

Penulis: Ilham W

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *