Awal Tahun Baru 2024 Banjir Landa HST, BMKG Minta Warga Waspad

Susasana banjir di Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel Sumber foto: Ilustrasi Freepik
Susasana banjir di Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel Sumber foto: Ilustrasi Freepik

HULU SUNGAI TENGAH – Menyambut awal tahun 2024 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diwarnai dengan banjir lantaran tingginya curah hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan memprediksi dalam sepekan ke depan, hujan sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di Hulu Sungai.

 

 

“Secara umum, hujan diperkirakan lebih sering terjadi pada siang hingga sore. Berpeluang juga hingga menjelang malam. Sementara pada dini hari hingga pagi umumnya berawan,” kata Pengamat Meteorologi Geofisika (PMG) Ahli Madya BMKG Kalsel, Muhammad Arif Rahman, Senin (1/1/2024).

 

 

Dikatakan Arif, Untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi akibat prakiraan cuaca ekstrem pemerintah daerah perlu mengimbau masyarakat untuk waspada banjir dan longsor. Serta menyiapkan perlengkapan tanggap darurat.

 

 

Sementara Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor mengeluarkan informasi potensi rob atau air pasang laut di pesisir Kalsel. Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor, Adhitya Prakoso menyebut, potensi meningkatnya ketinggian pasang air laut maksimum dikarenakan adanya fase bulan purnama.

 

 

“Masyarakat pesisir diimbau agar waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut,” katanya, Senin.

 

 

Sehingga pasang maksimum berpotensi terjadi di muara Sungai Barito pada 1-3 Januari 2024, dari pukul 22.00- 02.00 Wita. Dengan ketinggian maksimun mencapai hingga 2,7 meter.

 

 

Sebagai informasi, Hal itu akan berdampak pada terganggunva aktivitas keseharian masyarakat, transportasi di sekitar pelabuhan dan juga di pesisir.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *