Site icon Kolom Desa

75 Desa Wisata di Malang Ditargetkan Lolos ADWI 2024

Desa Wisata Pujon Kidul. Sumber: Jadesta Kemenparekraf.

Desa Wisata Pujon Kidul. Sumber: Jadesta Kemenparekraf.

MALANG Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang terus mendorong pengembangan desa-desa wisata di daerahnya. Disparbud diketahui mentargetkan 75 desa wisata lolos ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024 mendatang.

 

“Disparbud aktif memfasilitasi kemajuan desa wisata rintisan. Dari 83 desa wisata yang telah ditetapkan, upaya terus dilakukan untuk mengangkat statusnya menuju berkembang, maju dan mandiri,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Purwoto, Rabu (27/12/2023).

 

Ia mengatakan pihaknya secara berkelanjutan terus memberikan pendampingan untuk meningkatkan status 51 desa wisata rintisan yang ada. Adapun langkah  yang diambil adalah dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang bertanggung jawab dalam pengelolaan desa wisata tersebut.

 

“Agar pengelolaan desa wisata berjalan dengan baik dan cepat berubah statusnya,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, pendampingan untuk pengelola desa wisata rintisan itu melibatkan pihak dari tingkat provinsi, pusat dan perguruan tinggi. Oleh sebab itu, Purwoto menekankan pentingnya persiapan setiap tahunnya terutama dalam menghadapi berbagai lomba desa wisata.

 

“Kami berusaha mempersiapkan diri untuk ajang ADWI 2024 dengan target setidaknya 75 desa wisata,” tuturnya.

 

Purwoto menyebut 83 desa wisata di Kabupaten Malang dapat mengikuti proses nominasi. Ketika desa tersebut berhasil masuk dalam nominasi, secara otomatis desa tersebut akan mendapatkan bimbingan dari Kemenparekraf.

 

“Selan itu, tentunya juga dari Pemprov Jawa Timur,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Exit mobile version