Pabrik Pupuk Organik di Desa Wirowongso Resmi Beroperasi

Bupati Jember Hendy Siswanto saat memberikan sambutan peresmian pabrik pupuk organik. Sumber foto: PPID Jember.
Bupati Jember Hendy Siswanto saat memberikan sambutan peresmian pabrik pupuk organik. Sumber foto: PPID Jember.

JEMBER – Pabrik pupuk organik di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember resmi beroperasi. Pabrik yang diberi nama Si Jempol (Jember Pupuk Organik Lengkap) ini dibangun pemerintah kabupaten setempat dengan menghabiskan anggaran sebesar 3,2 miliar.

 

“Kesejahteraan petani kita perlu ditingkatkan dengan menyelesaikan problem utamanya yaitu pupuk,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (27/12/2023).

 

Menurut Hendy, pembangunan pabrik tersebut diyakini dapat menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi petani.  Sehingga kesejahteraan mereka bisa ditingkatkan.

 

“Maka jawabannya kita  bangun pabrik pupuk organik di samping juga menyuburkan tanah-tanah yang banyak kurang subur lagi,” ujarnya.

 

Hendy menjelaskan, pabrik ini mampu memproduksi pupuk organik 8 ton perjam atau 50-60 ton per hari. Selain itu, hasil  produksi ini akan didistribusikan secara gratis kepada petani.

 

“Sudah dipetakan dari 86.000 hektar menjadi 6 klaster yang setiap klaster berbeda treatment pupuk organik,” tutut Hendy.

 

Sementara itu, Kepala DTPHP Jember Imam Sudarmaji mengatakan petani mau menggunakan dan memakai pupuk organik produksi pabrik milik daerah. Ia berharap, masyarakat yang menggunakan pupuk tersebut diminta untuk memberikan masukan.

 

“Paling tidak petani yang menggunakan bisa memberikan testimoni hasilnya seperti apa. Jember bisa menggunakan pupuk organik untuk mengembalikan kondisi tanah di Jember dibawah normal,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *