Libur Nataru, Wisata Gunung Dempo Padat Pengunjung

PAGAR ALAM – Aktivitas mendaki Gunung Dempo sering dilakukan oleh warga kota Palembang dan Bengkulu disaat mengisi libur Natal dan tahun baru. Bahkan, banyak juga pengunjung dan pendaki yang datang dari luar pulau Sumatra.

 

 

“Peralatan dan perlengkapan baik itu pribadi dan kelompok harus diperhatikan juga agar lebih aman dan dapat menikmati liburannya dengan nyaman dan aman,” ujar Arindi, ketua Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade), Minggu (24/12/2023).

 

 

Keindahan Gunung Dempo sebagai atap Sumatera Selatan (Sumsel) tidak diragukan lagi. Ketinggiannya mencapai 3.195 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan puncak merapi yang menyuguhkan kawah berwarna eksotis.

 

 

Bagi yang beruntung akan melihat keindahan kawah berwarna hijau tosca, hijau bahkan biru. Seperti yang detikers tahu, tentunya cuaca yang cerah menjadi faktor penentu warna kawah.

 

 

Selain itu, berbagai tumbuhan hijau hidup subur di pelataran Gunung Dempo. Pemandangan tersebut dapat memanjakan mata walau lelah ketika mendakinya.

 

 

Menyikapi hal itu Brigade mengimbau, pengunjung yang akan melakukan pendakian diharapkan menyiapkan alat-alat yang lebih safety lagi. Hal itu dikarenakan saat ini sedang berlangsung musim penghujan.

 

 

Hal lain yang penting untuk diperhatikan oleh calon pendaki Gunung Dempo, tidak beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 km dari kawah, serta ke arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara.

 

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *