Kelurahan Tahoa Masuk Nominasi Desa Cantik Terbaik

Ilustrasi pemberian penghargaan Desa Cantik Terbaik 2023 Sumber Foto: Istockphoto
Ilustrasi pemberian penghargaan Desa Cantik Terbaik 2023 Sumber Foto: Istockphoto

KOLAKA Kelurahan Tahoa, Kabupaten Kolaka berhasil meraih penghargaan sebagai 10 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) terbaik 2023. Penganugerahan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI tersebut dilaksanakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin (4/12/2023).

 

“Sebelumnya seluruh tim dari tim desa cantik BPS RI mengunjungi desa dan kelurahan, alhamdulillah di Kabupaten Kolaka, tepatnya Kelurahan Tahoa terpilih mendapatkan penghargaan ini,” ujar Kepala BPS Kolaka, Ade Ida Mane, Senin (4/12/2023).

 

Selain Kelurahan Tahoa, desa lainnya yang juga masuk ke dalam 10 Desa Cantik Terbaik 2023 adalah Desa Kampung Gadang (Sumbar), Desa Bailanggu (Sumsel), Desa Cibeureum Kulon (Jabar), Desa Delik (Jateng). Kemudian ada Desa Bumiayu (Jateng), Desa Sumbersuko (Jatim), Desa Warnasari (Bali), Desa Kalimantong (NTB), dan Desa Mendupo (Kaltara).

 

Ade mengatakan bahwa terdapat beberapa kriteri dalam melakukan penilaian desa/kelurahan cantik tersebut. Diantaranya adalah tata kelola statistik di kelurahan, kapasitas statistik di kelurahan, dan pemanfaatana data registrasi sosial ekonomi (regsosek).

 

Indikator pemanfaatan data regsosek yaitu adanya pembinaan regsosek oleh BPS, sosialisasi regsosek oleh agen statistic dan pemanfaatan data terkait regsosek yang sudah dikumpulkan oleh kelurahan. Program Desa Cantik BPS diketahui dimulai sejak Februari 2021 untuk 100 desa terpilih di Indonesia.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *