Warga Bobaneigo Madihutu Temukan Bunker Peninggalan Jepang

Penemuan Bunker Jaman Jepang, Sumber Foto: Istimewa
Penemuan Bunker Jaman Jepang, Sumber Foto: Istimewa

HALBAR – Warga Desa Bobaneigo Madihutu, Kecamatan Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Maluku Utara, dihebohkan dengan penemuan bunker. Penemuan itu diduga merupakan peninggalan zaman Jepang.

 

Penemuan bunker itu berawal dari program PTSL dari BPN. Di mana ketika dilihat dari udara area tersebut tidak dapat diukur.

 

“Makanya torang penasaran akan area itu, kenapa tidak ada surat surat. Kemudian area itu diukur. Saat dilakukan pengukuran, petugas menemukan bekas lubang berukuran badan manusia,” kata Sekretaris Desa Bobaneigo Madihutu Kamarudin Habibu saat dikonfirmasi, Jumat (17/11/2023).

 

Menurut Kamarudin, di tempat itu sebelumnya ada bekas-bekas peninggalan Jepang. Namun berhubung masyarakat tidak mengetahui adanya bunker peninggalan Jepang, ia bersama tim lantas memeriksa ke dalam lubang tersebut.

 

“Ternyata setelah masuk di dalam lubang itu terlihat seperti bunker yang sudah lama ditinggalkan,” kata dia.

 

Informasi yang diterima, orang yang pertama kali menemukan bunker tersebut pada 10 November lalu adalah Sulaiman Musa. Setelah penemuan itu, Kamarudin bersama staf menelusuri bunker tersebut.

 

Masyarakat sekitar mengatakan bahwa tempat itu kemungkinan tempat persembunyian tentara Jepang, dilihat dari banyaknya besi di area tersebut.

 

“Langkah kami selanjutnya setelah menemukan bunker ini, kami akan informasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat melalui Dinas Pariwisata atau dinas kepurbakalaan agar selanjutnya melakukan penelitian lebih lanjut,” tandasnya.

 

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *