Site icon Kolom Desa

Pemdes Tingkatkan Kemampuan Statistik dengan Program Desa Cantik

Pemdes Tingkatkan Kemampuan Statistik dengan Program Desa Cantik. Sumber: web.okukab.go.id

Pemdes Tingkatkan Kemampuan Statistik dengan Program Desa Cantik. Sumber: web.okukab.go.id

BATURAJA- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Mukti Riadi, menobatkan Desa Lubuk Rukam, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menjadi Desa Cinta Statistik (Cantik) sebagai pelopor peningkatan literasi statistik tentang desa di daerah itu.

 

 

“Penghargaan Desa Cinta Statistik merupakan program pemerintah pusat yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data,” katanya, Kamis (15/11/2023).

 

 

Dia mengemukakan, Desa Lubuk Rukam ditetapkan sebagai salah satu desa se-Indonesia menjadi pembinaan Desa Cantik oleh BPS RI.

 

 

Desa yang terletak di Kecamatan Peninjauan ini menjadi role model Desa Cantik se-Sumsel dan terpilih satu dari tujuh desa di provinsi tersebut yang masuk dalam penilaian Desa Cantik secara nasional.

 

 

Dengan pengelolaan data yang akurat, kata dia, diharapkan agar perencanaan pembangunan di wilayah pedesaan di Kabupaten OKU dapat lebih tepat sasaran.

 

 

Sementara, Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menambahkan dipilihnya Desa Lubuk Rukam sebagai Desa Cantik karena menjadi desa yang masif dalam melakukan literasi statistik kepada masyarakat di pedesaan di wilayah itu.

 

Para perangkat desa dinilai berhasil melakukan pembinaan peningkatan statistik bagi masyarakatnya sehingga data-data yang diperoleh di lapangan lebih berkualitas.

 

Penulis: Kurnia
Editor: Danu

Exit mobile version