Site icon Kolom Desa

Sebanyak 169 Desa di Kaltim Belum Dialiri Listrik PLN

Sebanyak 169 Desa Tidak Terdampak Listrik PLN di Kaltim Sumber foto: Freepik

Sebanyak 169 Desa Tidak Terdampak Listrik PLN di Kaltim Sumber foto: Freepik

SAMARINDADinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Timur menyebutkan hingga September 2023, sebanyak 169 desa tidak terdampak listrik PLN. Kepala Dinas Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Kaltim, Mashur Sudarsono Wira Adi mengungkapkan, sejumlah desa masih belum teraliri listrik PLN.

 

 

“Desa terbanyak yang belum teraliri listrik terutama di Kutai Barat dan Mahakam Ulu yaa.”kata pria yang akrab disapa Sony, Rabu (15/11/2023).

 

 

Menurut Sony, sebagian besar desa-desa tersebut berada di kawasan pedalaman dan perbatasan. Sehingga masih banyak ruang pembangunan jaringan listrik yang mengalami kesulitan.

 

 

Selama ini, desa-desa yang belum teraliri listrik PLN. Memperoleh sumber listrik dengan cara mandiri, seperti penggunaan genset dan bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari pemerintah.

 

 

Saat ini kondisi kelistrikan pada Sistem Mahakam surplus sebesar 400 mega watt (MW). Sistem Mahakam mengaliri empat daerah di Kaltim, yakni Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, dan Bontang.

 

 

Tahun 2023 ini, PLN menargetkan mengaliri listrik ke 71 desa di Kaltim. Total itu, cukup banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana PLN hanya menargetkan sekitar 25-30 desa per tahun.

 

 

Pemprov Kaltim juga rutin memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar listrik bagi warga. Tahun ini, Pemprov Kaltim melalui dinas ESDM telah membangun 42 PLTS di kawasan desa-desa terpencil yang tidak terjangkau listrik PLN.

 

 

Sebagai informasi, Ditarget tahun depan, pemprov juga akan memulai 2 ribu sambungan listrik gratis bagi keluarga pra sejahtera.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Exit mobile version