Site icon Kolom Desa

Lombok Tengah Perkuat Badan Keamanan Desa Jelang Pemilu 2024

foto sekretaris lombok tengah, sumber foto: Istimewa

foto sekretaris lombok tengah, sumber foto: Istimewa

NTBPemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) perkuat pengetahuan dan kemampuan Badan Kemanan Desa (BKD) dan Badan Keamanan Kelurahan (BKK). Tujuannya dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk pengamanan Pemilu 2024.

 

“Pelatihan ini untuk peningkatan kemampuan dan pengetahuan para BKD maupun BKK dalam mendukung Pemilu dan Pilkada di 2024,” kata Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negri (Bangpoldagri) Lombok Tengah, Masujiada, Selasa, (14/11/2023).

 

Ia menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para BKK dan BKD mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga nantinya dapat mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 dengan aman dan damai.

 

“Kita telak menyiapkan BKD dan BKK untuk bisa dilibakan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024,” katanya.

 

Ia juga mengimbau kepada para BKD dan BKK, agar tetap menjaga netralitasnya, karena mereka merupakan aparatur pemerintah. Sehingga diharapkan mereka tidak menjadi tim sukses dari salah satu pasangan calon.

 

“Mereka harus tetap menjaga netralitas, karena mereka bagian dari pemerintah di tingkat desa,” jelasnya.

 

Pelatihan ini, kata dia, dilaksanakan secara bertahan karena keterbatasan anggaran, sehingga pada pelatihan saat ini yang dilibatkan BKD dan BKK hanya di lima kecamatan dari 12 kecamatan Lombok Tengah. Akan tetapi pelatihan ini akan terus dilaksanakan secara bertahap.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version