Desa Kowo Wakili NTB di Ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa

foto Desa Kowo, Sumber foto: Istimewa
foto Desa Kowo, Sumber foto: Istimewa

NTB – Desa kawo, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah mewakili Nusa Tenggara barat (NTB) dalam ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tingkat Nasional tahun 2023. Ajang ini, dinilai langsung oleh tim Kementerian Desa, Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Komisi Informasi Pusat.

 

“Visitasi ini menjadi berkah bagi Desa Kawo dan dapat menjadi teladan dalam hal keterbukaan informasi untuk desa dan kelurahan yang lain,” kata Wakil Bupati Loteng, M Nursiah, Senin, (13/11/2023).

 

Wagub Loteng mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen mendukung keterbukan informasi publik. Tidak hanya ditingkat pemerintahan desa, melainkan juga ke tingkat kabupaten.

 

Sementara itu, Komisioner Komisi Informasi Pusat, Samrotunnajah Ismail mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan keterbukaan informasi publik tingkat desa. Selain itu, program ini juga diarahkan untuk mendorong terjadinya akuntabilitas, good governance, serta transparansi desa.

 

“Dalam proses penilaian, pihak Desa Kawo, yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, pendamping desa dan PPID desa memberikan paparan terhadap kebijakan desa dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik,” katanya.

 

Sementara itu, Sekretaris Desa Kawo, Mariono mengatakan pihaknya tentu berkomitmen dengan membentuk regulasi dan memberikan anggaran untuk pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Yang mana nantinya akan melalui pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Desa Kawo.

 

“Pemerintah desa sangat transparan, dan semua bentuk informasi keuangan dan pembangunan desa bisa diakses langsung melalui website desa Kawo,” tuturnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *