DLHK NTB Berikan 100 Bibit Pohon Ke Desa Sekaroh

Ilustrasi bibit Pohon Pangan. Sumber Foto: pixabay.com
Ilustrasi bibit Pohon Pangan. Sumber Foto: pixabay.com

NTB Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan (DLHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan program Jumat Salam di Dusun Pengeros, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Dalam kegiatan itu, DLHK NTB  beserta Pemprov NTB turut menyerahkan bantuan 100 bibit pohon dan 7 tangki air bersih kepada masyarakat.

 

“DLHK NTB menyerahkan bibit pohon kepada masyarakat setempat sebanyak 100 batang, yakni pohon Nangka, mangga, alpukat, dan lengkeng. Juga dua tangka air bersih,” kata Sekretaris DLHK NTB, Syamsudin, Jumat, (10/11/2023).

 

Ia menjelaskan, pihahknya memberikan bantuan pohon tersebut karena melihat kondisi lahan yang di Desa Sekaroh sangat kristis. Artinya, kata dia, tidak ada lagi kelihatan tanaman besar atau pohon yang menaungi tempat tersebut.

 

“Kami berharap, dengan bibit yang kami berikan, berupa bibit produktif ini akan memberikan harapan kepada mereka, minimal mereka menanam di halaman rumahnya dulu,” ungkapnya.

 

Ia menegaskan, bibit-bibit yang diberikan tersebut hanya sebagai stimulan dan suatu saat masyarakat Sekaroh akan merasakan manfaatnya. Ia menyatakan jika pihaknya siap memberikan bibit-bibit tanaman lainnya kepada masyarakat.

 

“Kalau memang masyarakat Desa Sekaroh ingin lagi pohon yang lain, kami (Pemprov) Siap membantu dengan bibit yang lain, seperti tanaman kayu putih yang bisa memberikan nilai ekonomi lebih atau tanaman lainnya,” tuturnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *