Site icon Kolom Desa

Kampung Anggaduber Disiapkan untuk STC 2023

Pantai Anggaduber, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Sumber Foto: Istimewa

Pantai Anggaduber, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Sumber Foto: Istimewa

BIAK – kampung Anggaduber, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor oleh pemerintah kabupaten setempat disiapkan sebagai destinasi wisata dalam rangkaian Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak. Sebagai sarana penunjang kampung wisata tersebut, pemkab setempat pada tahun lalu telah melengkapinya dengan gedung pusat informasi pariwisata.

 

“Fasilitas gedung pusat informasi pariwisata saat ini menjadi ikon kampung wisata Anggaduber, Anemia/Kakur,” kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun, Rabu, (8/10/2023).

 

Dengan adanya gedung pusat informasi pariwisata, diharpakan menambah daya tarik kunjungan wisatawan terutama pada STC 2023. Selain itu, juga dibangun jalan raya menuju kampung dan sarana kebersihan motor pengangkut sampah untuk menjaga kebersihan pantai Anggaduber.

 

Kadispar Onny menjelaskan, Keberadaan Kampung wisata Anggaduber merupakan bentuk keterpaduan antara atraksi dan akomodasi. Selain itu, dengan fasilitas pendukung yang menyatu dalam suatu struktur kehidupan masyarakat adalah bentuk tata cara dan tradisi warga lokal.

 

Rangkaian STC Biak yang digelar pada 24-30 November 2023 adalah kegiatan ekspor hasil perikanan, diplomatik tour, pameran UMKM, pentas seni hiburan budaya adat Saereri. Seminar perikanan serta temu bisnis pengusaha nasional dengan pelaku usaha Papua juga bagian dari agenda ivent tersebut.

 

Dengan tema memantapkan kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik dan tagline Torang Hebat, terdapat empat kabupaten penyelenggara STC 2023. Diantaranya yakni Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

 

Onny menjelaskan, selain Kampung Anggaduber, wisata Binsari dengan objek wisata goa Jepang dan Monumen Perang Dunia eks peninggalan sejarah Perang Dunia II juga menjadi tempat wisata untuk STC kali ini.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version