Pemkab Badung Siapkan Rambu-rambu Kreasi Ogoh-ogoh

foto Ogoh-ogoh, sumber foto: Pemkab Badung
foto Ogoh-ogoh, sumber foto: Pemkab Badung

BALIPemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan Badung siapkan rambu-rambu dalam kreasi pelaksanaan ogoh-ogoh. Bahkan, pihaknya meminta agar semua desa adat mampu mengemas parade ogoh-ogoh di 2024 lebih menarik dari tahun sebelumnya.

 

ā€œNanti ada rambu-rambunya (dalam pembuatan ogoh-ogoh). Tidak boleh melambangkan figur politik, alat peraga kampanye,ā€ kata Kelapa Dinas Kebuadayaan Badung, Gde Eka Sudarwitha, Senin, (6/11/2023).

 

Selain menyiapkan kriteria ogoh-ogoh, Gde Eka juga meminta bahwa pergelaran ini harus dilakukan di satu tempat di masing-masing desa. Sehinga semua elemen Masyarakat, kata dia, bisa menikmati parade yang dilaksanakan.

 

ā€œKami akan mengimbau Sekaa Teruna dan desa adat untuk membuat lomba di tempat khusus, di lapangan desa atau jalan utama desa. Sehingga tidak perlu menutuo jalan,ā€ ujarnya.

 

Pihaknya juga akan membatasi durasi waktu saat mengarak ogoh-ogoh, yakni masksimal sampai pukul 23:00 Wita. Menurutnya, dengan pembatasan waktu tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kreativitas Sekaa teruna untuk menampilkan karya terbaik.

 

ā€œJam kegiatannya juga dibatasi, karena yang terbatas akan menimbulkan kreativitas, jadi kami mengimbau lomba diadakan maksimal pukul 22 hingga 23 Wita, dan digelar di lingkungan desa,ā€ katanya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *