Kirab Tumpeng Iringi Peringatan Selamatan Desa Bulu

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto saat penandatanganan prasasti Situs Pepunden Desa Bulu. Sumber foto: https://probolinggokab.go.id/
Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto saat penandatanganan prasasti Situs Pepunden Desa Bulu. Sumber foto: https://probolinggokab.go.id/

PROBOLINGGO –  Pemerintah Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo menggelar iring-iringan pawai kirab tumpeng dalam rangka sedekah bumi dan selamatan desa. Dalam kesempatan itu, sekaligus peresmian gedung Kantor Desa Bulu dan prasasti Situs Pepunden Desa Bulu.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia RT/RW dan seluruh warga yang turut menyukseskan selamatan desa serta Bapak Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto yang bersedia untuk menghadiri kegiatan selamatan Desa Bulu,” kata  Kepala Desa Bulu, Dimas Eko Romadhoni, Senin (6/11/2023).

 

Dimas juga menjelaskan kirab tumpeng adalah salah satu dari beberapa kegiatan desa. Di samping itu, ada pula kegiatan pameran UMKM yang berlangsung selama 14 hari di Balai Desa Bulu.

 

“Sebanyak delapan hiasan tumpeng hasil bumi dari 7 RW dan satu dari SDN Bulu 1 diarak dari halaman Kantor Desa Bulu menuju Punden Desa Bulu di Dusun Sumber RT 03 RW 01 dengan menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer,” ujarnya.

 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan selamatan desa adalah wujud rasa syukur atas anugerah dari alam. Tujuan utamanya adalah bersyukur atas segala yang diberikan oleh Allah SWT sekaligus berdoa agar desa senantiasa dilindungi dari bencana.

 

“Selamatan desa memiliki unsur seni yang khas, sesuai dengan tradisi dan seni masing-masing desa,” imbuhnya.

 

Ia juga mengapresiasi upaya Pemerintah Desa Bulu dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ia menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung pemasaran produk UMKM.

 

“Salah satu tujuan dari selamatan desa ini adalah mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan berdoa agar desa terhindar dari bencana dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *