Negeri Rutong Jadi Desa Pintar Pertama se-Maluku

Hutan Sagu Tradisional, Salah Satu Destinasi Negeri Rutong, Sumber Foto: Rutong.id
Hutan Sagu Tradisional, Salah Satu Destinasi Negeri Rutong, Sumber Foto: Rutong.id

MALUKU – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku mendorong semua desa wisata di Maluku menerapkan sistem digital. Dalam hal ini, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Maluku, Marisca Kakiailatu mencontohkan kesuksesan yang diraih Desa Wisata Negeri Rutong Ambon.

 

Pasalnya desa tersebut telah menerapkan digitalisasi melalui platform Rutong.id. Sehingga dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-8 2023, dinobatkan sebagai desa pintar pertama di Provinsi Maluku.

 

“Ini sebuah proyek yang bagus untuk dijadikan replikasi bagi desa-desa wisata yang lain, sesuaikan dengan perkembangan saat ini,” kata Marisca, Rabu (1/10/2023).

 

Ia mengatakan, manfaat diterapkannya sistem digital. Salah satunya adalah mempermudah dalam pelayanan dan promosi sektor pariwisata.

 

“Dengan sistem digital yang semakin berkembang, destinasi wisata memasuki era yang menjanjikan, yang memberikan manfaat bagi wisatawan, masyarakat setempat, dan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Marisca berharap ajang-ajang seperti API Award kembali digelar di Maluku. Ia mengungkapkan, acara semacam itu dapat memberikan dampak untuk promosi wisata dan perekonomian masyarakat.

 

“Setelah ini kita lakukan evaluasi apa dampak besar yang kita dapatkan dari API 2023 yang di Ambon ini, dan kita akan meningkatkan apa pun itu yang terbaik ke depannya,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *